banner 468x60

1.338 Siswa Ikuti Seleksi OSN Kota Surabaya

353 views
iklan

OSN_SMA N 5 (1)Penakita | SURABAYA – Tidak kurang dari 1.338 pelajar Surabaya ikuti seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Kota Surabaya. Mereka berasal dari sedikitnya 66 SMA Negeri dan swasta, serta empat SMP Negeri di Surabaya.

“Siswa-siswa yang ikut seleksi hari ini, sebelumnya diseleksi terlebih dahulu oleh sekolahnya masing-masing. Nah, tiap mata pelajaran diwakili tiga siswa dari satu sekolah,” tutur Ketua Panitia OSN Surabaya, Titik, kepada PENAKITA.com, Selasa (2/4/2013).

Wanita yang juga menjabat sebagai Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan (Dindik) Surabaya ini menambahkan, beberapa sekolah yang pernah menyumbangkan prestasi di bidang OSN ini diberikan penghargaan khusus. Mereka boleh mengirimkan perwakilan untuk tiap mata pelajaran lebih dari tiga siswa.

“Ada beberapa sekolah yang mendapat reward itu seperti SMA Petra 1, 2, 3, dan 5, SMA St. Louis, SMAN 5 Surabaya, dan SMAN 2 Surabaya,” ungkap Titik.

Kompetisi yang diselenggarakan di SMAN 5 Surabaya ini akan berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 2–4 April 2013 mendatang. Terdapat sembilan mata pelajaran yang dilombakan dalam kompetisi, yakni matematika, kimia, fisika, biologi, komputer, astronomi, ekonomi, kebumian, dan geografi.

“Untuk mata pelajaran Matematika soalnya esay semua, kurang lebih 20 soal. Kalau Fisika hanya ada delapan soal esay, tapi bercabang soalnya. Untuk Kimia ada 25 soal pilihan ganda dan 5 soal esay. Lalu selain tiga mata pelajaran ini soalnya berbentuk pilihan ganda semua,” papar Titik.

Lebih jauh wanita berkacamata ini melanjutkan, dari seleksi tingkat kota ini akan diambil tiga pemenang untuk masing-masing mata pelajaran. “Mereka selanjutnya akan mewakili Surabaya di kompetisi serupa tingkat propinsi. Tapi menurut kabar, Surabaya diberi kewenangan untuk mengirimkan lebih banyak peserta sebagai perwakilan. Karena Surabaya ini seringkali menyumbangkan prestasi bagi provinsi,” tandasnya.ika

author