banner 468x60

236 Siswa Gagal Masuk SMP Negeri 4 Kepanjen

590 views
iklan

SMP N 4 kepanjen malangPenakita | MALANG – Sebanyak 236 siswa yang mendaftar di SMP Negeri 4 Kepanjen, Kabupaten Malang harus siap-siap gigit jari. Pasalnya sesuai pengumuman hasil seleksi masuk, Rabu (26/6/2013), SMPN itu hanya menerima 352 siswa dari 588 pendaftar.

Para siswa itu terbagi dalam 11 rombongan belajar (rombel/kelas), dan masing-masing rombel diisi 32 orang. Ledakan pendaftar ini bisa dimaklumi lantaran sekolah eks RSBI itu memang menjadi favorit lulusan SD di Kabupaten Malang terutama yang memiliki nilai tinggi dan berprestasi.

“Kami memberlakukan sistem seleksi TPA (Tes Potensi Akademik) untuk masuk ke SMPN 4,” ungkap Sutikno, Kepala SMPN 4 Kepanjen.

Ditambahkan, calon siswa selain menjalani TPA pada Selasa (25/6/2013), ada skor tambahan bagi calon siswa yang memiliki prestasi di tingkat kabupaten, provinsi atau nasional. Dengan dua hal itu, skornya digabung. Begitu ketatnya persaingan untuk masuk ini membuat sejumlah siswa dan orangtuanya harap-harap cemas.

TPA meliputi Bahasa Indonesia, IPA dan Matematika sebagaimana mata pelajaran di ujian nasional. Beberapa siswa berharap bisa masuk ke SMPN 4, meski menyatakan TPA mata pelajaran Matematika dirasa sangat sulit.

Siswa yang diterima akan memulai tahun ajaran baru pada 15 Juli 2013 mendatang. Sistem masuk ke SMPN pada ajaran mendatang di Kabupaten Malang sepenuhnya memakai ujian TPA dan tidak berdasarkan NUN lagi sebagaimana pada tahun ini. sum

author