banner 468x60

300 Prodi PTS di Jatim Belum Terakreditasi

506 views
iklan
Wakil Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Pusat, Dr M Budi Djatmiko

Wakil Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Pusat, Dr M Budi Djatmiko

Penakita | SURABAYA – Sekitar 300 program studi (prodi) yang ada di perguruan tinggi swasta (PTS) Jawa Timur belum terakreditasi. Hal ini disampaikan Wakil Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Pusat, Dr M Budi Djatmiko, usai menjadi pembicara seminar bertajuk Menyongsong Perubahan Sistem Akreditasi PT di Indonesia di Universitas Narotama, Surabaya, Rabu (20/3/2013).

Jumlah tersebut adalah 15 persen dari total prodi PTS di Jatim sekitar 1.900 prodi. “Jumlah ini sudah turun dibandingkan tahun 2010 yang 20 persen dari total prodi,” kata alumni ITB ini.

Budi menambahkan, prodi-prodi yang belum terakreditasi ini tidak berhak mengeluarkan ijasah, gelar akademik maupun gelar vokasi. “Yang berhak mengeluarkan ijasah hanya yang sudah terakreditasi,”tegasnya.

Lebih jauh Budi melanjutkan, pada tahun 2014, ia menargetkan seluruh prodi PTS tersebut dapat segera terakreditasi. Setidaknya, tutur Budi, ada 50 persen prodi yang akan terakreditasi.

“Ya sambil menunggu SK Menteri turun, kami mempersiapkan segala perangkatnya. Masalah dana, kami masih menerima bantuan dari beberapa pihak, terutama dari luar negeri, Finlandia,” pungkas Budi.ika

author