banner 468x60

650 Siswa MTs dan MA Surabaya Ikuti Seleksi KSN

461 views
iklan
Para siswa sedang ikut Kompetisi Sains Nasional

Para siswa sedang ikut Kompetisi Sains Nasional

Penakita | SURABAYA – Tidak kurang dari 650 siswa tingkat MTs dan MA Surabaya ikuti seleksi Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2013, Sabtu (30/3/2013). Seleksi yang dilaksanakan di Asrama Haji Surabaya ini merupakan tahap seleksi pertama di tingkat kabupaten/kota.

“Para siswa yang lolos dalam seleksi ini akan mengikuti KSN tingkat propinsi (Jawa Timur), selanjutnya jika lolos lagi, mereka masuk ke tingkat nasional,” tutur Dr KH Asep Saifuddin Chalim, penggagas konsep KSN 2013, kepada PENAKITA.com, Sabtu (30/3/2013).

Pria yang lebih akrab disapa Kyai Asep ini melanjutkan, pelaksanaan KSN sesungguhnya terinspirasi dari kompetisi serupa, yakni Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang setiap tahun diadakan Dinas Pendidikan dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kegiatan KSN ini sendiri diselenggarakan oleh Kementerian Agama (Kemenag).

“Siswa-siswa MTs atau pun MA selama ini tidak diperbolehkan mengikuti kompetisi tersebut karena itu khusus tingkat SMP atau SMP. Karena ketidakadilan itulah, kami memprakarsai kegiatan ini. Sebab, kami melihat potensi siswa-siswa madrasah ini tidak kalah dibandingkan potensi siswa sekolah formal tingkat SMP atau SMA. Kebetulan kompetisi ini sudah dua kali diadakan, dan rencananya akan menjadi ajang bergengsi tahunan,” lanjut Kyai Asep. ika

author