7,3 Persen Produk Domestik Bruto AS untuk Pendidikan

beasiswa1Penakita | AMERIKA SERIKAT – Kemajuan suatu negara tak lepas dari bagaimana negara tersebut memperhatikan masalah pendidikan. Terbukti, Amerika Serikat (AS) termasuk salah satu negara yang paling banyak membelanjakan dana untuk pendidikan di dunia.

Dalam laporan yang diterbitkan Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD), Selasa (25/6/2013), OECD memapar negeri adi daya itu menghabiskan 7,3 persen dari produk domestik bruto untuk pendidikan.

Porsi anggaran sebesar itu dibelanjakan mulai dari jenjang pendidikan anak usia dini hingga tingkat perguruan tinggi. Dalam laporan itu juga diungkap, persentase belanja itu termasuk sektor swasta dan negeri dan tergolong salah satu dari lima tertinggi di dunia.

Di tingkat perguruan tinggi, salah satu sumber dana bagi universitas swasta unggulan adalah sumbangan para alumni dan keuntungan dari program-program atau fasilitas yang ditawarkan.

Namun, hasil pencapaian tidak sebanding dengan uang yang dikeluarkan. Sebab, kata OECD, negara Paman Sam ini tak lagi menjadi negara dengan tingkat lulusan perguruan tinggi terbanyak di dunia. Posisi AS sekarang berada di tempat ke-14, di bawah Korea Selatan, Rusia, dan Irlandia.

Sementara itu tingkat anggaran Inggris untuk pendidikan mampu bertahan di tengah krisis keuangan dan resesi yang terjadi sesudahnya. Anggaran pendidikan di Inggris meningkat sebesar 12 persen antara 2008 hingga 2010. dde