• Home »
  • Headline »
  • Ada Fosil Homo Erectus yang Terkenal di Dunia di House of Sampoerna, Seperti Ini Bentuknya

Ada Fosil Homo Erectus yang Terkenal di Dunia di House of Sampoerna, Seperti Ini Bentuknya

Penakita | SURABAYA – Manusia berevolusi sejak pertama kehadirannya di muka bumi. Wujud manusia yang pertama ada di dunia tak sama dengan manusia di era milenial ini.

Perkembangan manusia dari jaman ke jaman itulah yang disajikan lewat pameran museum bertajuk ‘Evolusi Kita’ di House of Sampoerna. Ada sekitar 14 koleksi fosil yang dipamerkan mulai Rabu (24/10/2018) hingga 29 November mendatang.

Fosil koleksi Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran (BPSMPS) itu memapar perubahan bentuk fisik manusia purba mulai dari Homo Erectus Arkaik menjadi Homo Erectus Tipik, dan berlanjut ke Homo Erectus Progresif.

Dalam pameran ini juga ada koleksi Sangiran 17 atau S17 yaitu temuan fosil Homo Erectus yang paling terkenal di dunia karena ditemukan dalam kondisi relatif lengkap sehingga wajah Homo Erectus dapat direkonstruksi secara utuh.

“Koleksi ini benar-benar luar biasa. Membuat saya bisa belajar langsung tentang kondisi manusia pra-sejarah,” cetus Yuli, salah seorang pengunjung House of Sampoerna.

perempuan asal Malang ini mengaku bahwa dirinya suka belajar tentang sejarah. “Hadirnya koleksi Sangiran ini membuat saya bisa melihat langsung bentuk aslinya seperti apa, tidak hanya lihat gambarnya di buku atau internet,” katanya.

Di tempat yang sama, Rani Anggraini selaku Manager House of Sampoerna menegaskan bahwa pameran ‘Evolusi Kita’ ini bentuk komitmen untuk mendukung perkembangan seni, budaya, sejarah dan pariwisata melalui berbagai agenda kegiatan yang mengedepankan nilai-nilai edukatif dan sosial.

“Pameran ini juga tidak lepas dari bentuk tanggung jawab dan kepedulian PT HM Sampoerna Tbk kepada masyarakat,” ujarnya.

Rani juga memaparkan bahwa kerjasamanya dengan pihak BPSMPS tersebut agar pengunjung dapat mendalami evolusi manusia dan perkembangan budayanya. Pengunjung tidak hanya dapat belajar namun juga dapat melihat langsung hasil penemuan benda prasejarah manusia purba. sum