banner 468x60

Ada Kekurangan Naskah Soal UN Sidoarjo

307 views
iklan

distribusi-soal-ujian-nasional-Penakita | SIDOARJO – Pelaksanaan ujian nasional (UN) tingkat SMP/MTs di Jawa Timur nyaris terganjal. Pasalnya, distribusi soal UN ke wilayah Dinas Pendidikan (Dindik) Sidoarjo diketahui ada kekurangan soal untuk mata pelajaran (mapel), yaitu Matematika, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris, serta IPA.

Namun, berkat kesigapan panitia kekurangan tersebut bisa segera teratasi sehingga distribusi ke masing-masing sub rayon bisa selesai, Minggu (21/4/2013). Begitu diketahui tiga mapel ada yang kurang, Dindik Sidoarjo, pihak pengawas dan Polres Sidoarjo koordinasi dengan Dindik Pemprov Jatim.

“Dengan pengawalan dari Polres Sidoarjo soal itu akhirnya kami bawa ke Sidoarjo,” papar Tirto Adi, Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Menengah dan Umum Dindik Sidoarjo.

Menurut Tirto, kekurangan soal pada tiga mapel itu jumlahnya bervariasi. Ada yang kurang 4 dan kurang lima sampul ukuran kecil. “Tapi semuanya sudah teratasi dan soal sudah didistribusikan,” tandasnya.

Soal Unas yang sebelumnya diinapkan di Polres Sidoarjo sudah didistribusikan ke 33 Sub Rayon untuk SMP dan 6 Sub Rayon MTs yang tersebar di 18 kecamatan. Demi terjaminnya keamanan, UN SMP/MTs yang diikuti 28.428 siswa itu ditaruh di masing-masing polsek supaya saat mengantarkan soal lebih dekat.

“Soal empat mapel itu disimpan di ruang khusus dan dijaga oleh polisi, pengawas dan Dindik,” ungkapnya.

Sebelumnya, soal UN saat datang, Sabtu (20/4/2013) langsung disimpan di Polres Sidoarjo. Jumlah soal yang ada sebanyak 317 box. Mobil yang mengantar soal UN sebanyak dua truk dengan pengawalan dari Polisi dan Dinas Pendidikan serta lembaga Independen.  ari

author