banner 468x60

Agnes Tetap Mengajar di Usia 99 Tahun

378 views
iklan

NEW JERSEY, AS – Wanita ini telah menjadi bagian masyarakat dunia untuk sekitar satu abad lamanya. Tetapi pada usia 99 tahun, Agnes Zhelesnik masih belum siap untuk pensiun.

Guru paling tua di Amerika Serikat (AS) ini dipanggil ‘Nenek’ di sekolah, demikian seperti dilaporkan CNN dan dilansir Huffington Post, Sabtu (19/1/2013). Zhelesnik hidup sepanjang masa perang dunia serta menjadi ibu rumah tangga selama 60 tahun sebelum memulai karier mengajarnya pada 1995 lalu. Ketika itu, Zhelesnik yang berusia 81 tahun mengajar di Sundance School di North Plainfield, New Jersey, AS.

Sekarang, Zhelesnik mengajari siswanya memasak, menjahit dan membuat kostum. Anak perempuannya yang berusaia 61 tahun, dan juga bernama Agnes, mengikuti jejaknya sebagai guru di sekolah yang sama.

Mengapa Zhelesnik masih mengajar di usia senjanya itu? Zhelesnik beralasan, anak-anak di sekolah membuatnya tetap datang.

“Saya mencintai mereka. Anak-anak itu adalah pembantu terbaik saya. Merekalah satu-satunya alasan saya tetap datang ke sekolah. Meski saya memiliki anak-anak sendiri, murid-murid di sekolah ini memberi saya arti tersendiri,” ujar Zhelesnik.

Zhelesnik berkata, dia mungkin pensiun ketika umurnya 100 tahun. Sebelum Zhelesnik, AS memiliki guru tertua bernama Olivia Neubauer yang terus mengajar di Ashburn Lutheran School pada usia 100 tahun. Neubauer berkata kepada CBS Chicago, dia tidak pernah berniat terus mengajar hingga usia itu, tetapi juga tidak punya rencana pensiun.

“Saya menyukai pekerjaan yang hebat ini. Siswa-siswa saya adalah anak-anak yang baik. Hanya Tuhan yang akan memberi tahu saya kapan saya harus berhenti mengajar,” tutur Neubauer. Neubauer meninggal pada November lalu karena penumpukan cairan di paru-parunya. okz

author