banner 468x60

Akurasi Jawaban Soal UN 70 Persen

388 views
iklan

jokiPenakita | SURABAYA – Berapa harga jasa joki profesional ini? Ternyata tidaklah mahal untuk mendapatkan jawaban soal UN 2013.

Mawar, narasumber PENAKITA.com yang membeber buramnya kondisi pendidikan selama pelaksanaan ujian nasional (UN) 2013 ini menyatakan, harga jasa joki yang digunakan sekolahnya masih dalam taraf jutaan, namun Mawar enggan menyebut jumlahnya.

Soal akurasinya, Mawar mengaku di atas 70 persen. Kendati demikian, Mawar tak tahu-menahu soal cara dan darimana sang joki mendapatkan 20 paket soal dan kunci jawabannya. Ia menduga, ada keterlibatan orang dalam, seperti BSNP, percetakan, atau Dinas Pendidikan.

“Akurasinya terpercaya kok, tapi kalau soal dia dapat darimana 20 paket soalnya ya kurang tahu. Tapi logikanya, kalau bukan orang dalam pasti tidak bisa. Kalau joki yang dipakai sekolah elit dari perusahaan perjokian itu harganya sampai puluhan juta rupiah. Akurasinya jelas lebih tinggi,” tandas wanita berjilbab ini.

Mawar menambahkan, bukan sekolahnya saja yang melakukan praktik semacam ini. Diyakini, hampir semua sekolah melakukan praktik kecurangan yang sama. Sebab, UN merupakan sebuah prestise tersendiri. Tak ayal, semua sekolah menghalalkan berbagai cara agar seluruh siswanya lulus UN dengan nilai memuaskan.

“Jujur saja, memang UN ini omong kosong kalau dibilang dapat berjalan bersih. Tidak ada pelaksanaan UN yang jujur, karena semuanya diwarnai kecurangan. Ya pinter-pinternya pihak sekolah, guru, dan siswa bekerjasama melakukan kecurangan ini. Harusnya memang UN ditiadakan, karena sejak awal diwarnai ketidakjujuran semua pihak,” tandasnya. ika

author