• Home »
  • Aktualita »
  • Alami Pendarahan Ketika Usia Kandungan 6 Bulan, Tujuh Bulan Kemudian Sari Sadar Anaknya Penderita Cerebral Palsy

Alami Pendarahan Ketika Usia Kandungan 6 Bulan, Tujuh Bulan Kemudian Sari Sadar Anaknya Penderita Cerebral Palsy

Penderita Cerebral Palsy saat menerima bantuan kursi roda dari Bright Hope dan Kospin Jaya.

Penakita | SURABAYA – Sari Kresnawati sama sekali tak menduga bahwa pendarahan parah akibat terjatuh yang dialami ketika usia kandungannya masuk enam bulan membawa akibat fatal pada anak bungsunya, Bilah. Peristiwa tersebut membuat anak lelaki satu-satunya dari empat orang buah hatinya itu mengalami cedera otak. “Waktu lahir normal, cuma dia tidak menangis itu saja,” begitu katanya kepada penakita.com, Sabtu (21/7/2018).

Ditemui usai prosesi penyerahan bantuan delapan buah laptop dari Bright Hope kepada Sekolah Yayasan Pendidikan Anak Buta, Sari mengungkapkan bahwa pendarahan yang dialaminya itu membuat plasenta pecah dan janin kekurangan asupan makanan.

Gangguan yang dialami Bilah baru diketahui ketika usianya menginjak empat bulan. “Ketika dilakukan pengukuran lingkar kepala, ternyata baru tahu dia menderita cerebral palsy (masalah perkembangan pada otak),” paparnya.

Sari menambahkan bahwa penyebab cerebral palsy bermacam-macam. “Bisa karena saat kehamilan ada gangguan, atau gangguan dip roses persalinan, atau bisa pula karena virus,” ujarnya.

Namun, menurut Sari, yang dialami oleh penderita cerebral palsy adalah gangguan pada saraf motoriknya. “Kemampuan kognitif tidak terganggu,” tegasnya.

Itu pula yang menyebabkan banyak penderita cerebral palsy tetap bisa berprestasi di bidang akademik. “Contohnya Gema. Dia lulus dari SMA Negeri 10 dan kini diterima di Universitas Negeri Surabaya,” imbuhnya.

Selain penyerahan bantuan laptop, pada kesempatan yang sama Bright Hope dan Kospin Jaya juga memberikan bantuan berupa kursi roda kepada komunitas Keluar Besar Cerebral Palsy. “Bantuan ini tentu sangat menggembirakan bagi kami, karena bisa membuat anak-anak jadi mudah beraktivitas,” katanya.

Saat ini anggota Cerebral Palsy sudah mencapai ratusan orang. Sedang usia anak-anak penderita cerebral palsy ini berkisar 2-14 tahun. din