Anak-Anak Bertengkar? Ini Cara Meredamnya

Ilustrasi

Ilustrasi

Penakita | JAKARTA- Anak-anak di rumah bertengkar? Hal ini tentu bukan hal luar biasa. Masalah pemicunya bisa beragam, bahkan hanya karena soal remeh sekali pun.

Sebagai orang tua, apa yang bisa dilakukan untuk mencegah pertikaian antar anak alias sibling rivalry ini? Berikut beberapa cara yang bisa ditempuh menurut Jovita Maria Ferliana MPsi, Klinis Anak dan Anak Berkebutuhan Khusus sebagaimana dikutip dari TabloidNova.com.

1. Hindari membandingkan satu anak dengan anak lainnya. Contoh,”Abang memang selalu bandel ya. Udah Dek, enggak usah main dengan Abang lagi.”

2. Dengarkan keluhan anak untuk mengetahui penyebab ketidakpuasannya. Contoh,”Habisnya Kakak terus yang duluan diantar Bunda ke sekolah.”

3. Sebagai orang tua memahami perasaan anak walaupun tak selalu setuju. Contohnya,”Bunda mengantar Kakak ke sekolah duluan karena jam masuk sekolah Kakak lebih dulu dari Adik. Kalau menunggu Adik selesai, Kakak akan terlambat. Tapi percayalah Nak, Bunda menyayangimu sama seperti Bunda menyayangi Kakak.”

4. Luangkan waktu khusus setiap hari untuk masing-masing anak dengan melakukan kegiatan yang diminatinya. Misal, orang tua menemani Kakak membaca buku kegemarannya di sore hari dan setelah itu menemani Adik bermain sepeda.

5. Bersikap adil terhadap semua anak. Setiap anak unik sehingga masing-masing anak memerlukan dukungan, bantuan, dorongan, dan penghargaan pada waktu dan cara yang berbeda.

6. Jika anak menceritakan sesuatu hal negatif tentang saudaranya, ingatkan saudaranya tetap keluarganya. Seburuk apapun anak harus menerima saudaranya dan menjadi kewajibannya memperbaiki kekurangan saudaranya tersebut.

7. Luangkan waktu berdiskusi dengan anak mengenai perilaku baik dan buruk, adil dan tidak adil, serta perilaku yang mencerminkan nilai moral lainnya. Tanyakan dari sudut pandang anak, berikan pujian, penjelasan tambahan pada anak. Lakukan bersama ayah, bunda, dan anak-anak secara lengkap.

Semoga tips ini bermanfaat. dde