banner 468x60

Anak Mengalami Kesulitan Hadapi Hari Pertama Sekolahnya? Ini Solusinya!

iklan

hari peratama sekolahPenakita | SURABAYA – Tahun ajaran baru, lingkungan baru. Guru baru dan teman-teman juga baru. Itu pula yang dirasakan anak-anak kita yang baru merasakan ‘dunia sekolah’.

Bagi yang terbiasa dengan hal-hal baru tentu tak masalah. Tetapi bagi anak-anak tertentu, terutama mereka yang sulit beradaptasi dengan lingkungan baru, situasi tersebut tak jarang bisa menimbulkan ketegangan serta kecemasan.

Pengalaman baru yang diharap bisa menyenangkan ini terasa sulit dijalani dengan baik. Lalu apa yang sebaiknya dilakukan orangtua supaya sang anak nyaman menjalani hari-hari sekolahnya?

Tips berikut semoga bisa membantu orangtua membimbing anaknya menghadapi sekolah baru:

Tingkatkan Rasa Percaya Diri Anak
Memupuk rasa percaya diri anak merupakan hal terpenting untuk menggali dan mengembangkan potensinya. Saat anak merasa dirinya memiliki rasa percaya diri, ia tidak akan merasa minder berhadapan langsung dengan ‘lingkungan’ barunya. Jangan lupa, untuk mengajarkan anak berhati-hati dalam menyampaikan pesan kepada orang-orang di sekitarnya.

Dengarkan Keluhan dan Cari Solusi
Minta anak menceritakan pengalaman yang dirasakan tentang lingkungan barunya. Jadilah pendengar yang baik dan jangan menghakimi jika ia (tak sengaja) melakukan kesalahan. Jika anak sulit menemukan cara beradaptasi, ajak ia mencari solusi terbaik.

Bantu Anak Bersosialisasi
Apabila anak kesulitan menemukan teman, Anda dapat membantunya dengan berbagai cara. Salah satunya, mengundang beberapa teman sekelasnya bermain di rumah atau melakukan kegiatan bersama di luar seperti berenang atau bermain bola.

Ingatkan untuk Selalu Menjaga Sikap
Memiliki tingkah laku yang baik merupakan faktor pendukung seseorang bisa bergaul dengan mudah dan diterima siapa saja. Jadi, selalu ingatkan Si Kecil untuk selalu bersikap sopan dan santun. Misalnya, dengan membiasakannya mengucapkan Terima Kasih, Tolong, dan Maaf.

author