banner 468x60

Anak Muda Indonesia Makin Suka Belajar Budaya Jepang

416 views
iklan

BEKASI – Minat anak muda Indonesia untuk belajar budaya Jepang tampaknya kian besar. Fenomena ini tampaknya mendapat perhatian serius dan apresiasi dari Negeri Matahari Terbit itu.

“Minat orang Indonesia mempelajari bahasa, seni dan berbagai hal tentang Jepang sangat tinggi,” kata Ahli Bahasa Japan Foundation Moribayashi Ken di sela-sela menghadiri Lomba Apresiasi Bahasa Jepang “Bunkasai” se-Jabodetabek di SMA Islam Al Azhar-4 Bekasi, Sabtu (12/1).

Japan Foundation mencatat lebih dari 300.000 orang Indonesia mampu menggunakan bahasa Jepang. Jumlah itu belum ditambah dari masyarakat Indonesia yang mempelajari seni peran, alat musik, baca huruf Jepang (rodoku), teater (enjuku), tarian (chanouyo) dan seni perkusi (taiko), komik (manga) dan budaya Jepang lainnya.

“Saya kira mereka memiliki minat yang tinggi terhadap kebudayaan Jepang terutama bahasanya. Jika ingin belajar bahasa Jepang kuncinya adalah jangan terlalu terpaku oleh tata bahasa. Karena yang lebih penting dari tahap belajar adalah dimengertinya ucapan saat berkomunikasi,” ujarnya.

Moribayashi menghargai keberanian siswa-siswi yang mengikuti Bunkasai SMA/MA 2013. “Mereka berani mengekspresikan diri dalam drama Jepang, rodoku, enjuku, chanouyo (tarian) dan taiko (Seni perkusi),” pungkasnya.

author