banner 468x60

Anak SMK pun Mampu Bikin Film Animasi. Ini Hasilnya!

473 views
iklan

petualangan-si-adiPenakita | JAKARTA – Inilah karya anak SMK! Sebanyak 50 siswa dari 10 sekolah menengah kejuruan (SMK) di Pulau Jawa bersama-sama menggarap film animasi dalam format 3D.

Para siswa ini berasal dari SMK di Jawa Tengah, yaitu SMKN 3 Kasihan, SMKN 5 Yogyakarta, SMKN 2 Wonosobo, SMKN 2 Jepara, SMKN 9 Surakarta, dan SMKN Tunas Harapan, Pati. Selain itu, SMKN 11 Surabaya dan SMKN 4 Malang di Jawa Timur, serta SMK dari Jawa Barat (SMK Bina Informatika, Tangerang, Banten, dan SMK Pelita YNH, Sukabumi).

Mereka dipilih Batavia Pictures, Castle Production dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk terlibat dalam penggarapan film berjudul Petualangan si Adi. Selama lebih dari 10 bulan para siswa ini terlibat dalam proyek pembuatan film berdurasi 90 menit dan diputar serentak di bioskop seluruh Indonesia mulai 24 Oktober 2013.

Film garapan siswa SMK ini memang belum bisa disandingkan dengan film-film animasi seperti Monster University, Despicable Me, atau Ice Age, Cars maupun Disneys Planes. Film Petualangan si Adi masih sederhana, tidak hanya dari ceritanya, tetapi juga gambarnya pun masih kaku dan kasar.

Film yang disutradarai Heri Kiswanto ini bercerita kekayaan alam Indonesia. Petualangan si Adi ini merupakan film 3D garapannya yang ketiga, setelah sebelumnya Petualangan Singa Pemberani 1, dan Petualangan Singa Pemberani 2. Produser Eksekutif Batavia Pictures Lucki Lukman Hakim mengatakan,

“Meski sudah ada dua film animasi sebelumnya, film tersebut adalah film pertama buatan siswa SMK,” ujar Lucki Lukman Hakim, Produser Eksekutif Batavia Pictures.

“Semoga ini menjadi awal sukses film animasi Indonesia,” kata Rahmad Supriono, perwakilan dari SMK.

Ditambahkan pula, sekuel film Petualangan si Adi ini rencananya segera dibuat. “Konsep film Petualangan si Adi 2 sedang kami matangkan,” paparnya.

Sementara Ir Sukemi, staf Ahli Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan meski sangat sederhana, film tersebut adalah hasil karya anak-anak SMK yang original. “Film ini seratus persen produk buatan anak-anak SMK terpilih,” ucap Sukemi. dde

author