banner 468x60

Anak Susah Konsentrasi Saat Belajar, Ini Solusinya

622 views
iklan

konsen belajarPenakita | SURABAYA – Konsentrasi adalah hal paling dibutuhkan dalam proses belajar. Sayangnya, untuk bisa melakukan hal ini, kadang anak sering mengalami kendala. Dampaknya, pelajaran yang dipelajarinya susah masuk, dan ujung-ujungnya mereka mendapat nilai jelek saat ujian.

Mengubah kebiasaan dan membiasakan anak dengan konsentrasi pada dasarnya bisa dilakukan, namun tidak bisa diubah secara instan. Karena hal ini ternyata harus dilakukan dalam sebuah proses sederhana namun berkelanjutan.

Cara paling sederhana yang bisa Anda mulai terapkan adalah membiasakan anak berangkat sekolah dengan caranya sendiri, seperti berjalan atau bersepeda. Mengantar mereka dengan kendaraan pribadi atau dengan bis sekolah membuat anak lebih santai dan kurang mengandalkan konsentrasi. Ini yang kemudian berpengaruh pada kebiasaan konsentrasi anak, salah satunya dalam hal belajar.

Seperti dikutip dari Dailymail, selain menjadi kurang aktif kebiasaan berkendara juga membuat anak mengalami risiko obesitas yang besar. Dalam sebuah penelitian gabungan yang dilakukan dua universitas di Denmark ini menemukan, aktivitas fisik (olahraga) yang teratur adalah kunci bagi anak yang sering kehilangan konsentrasi.

“Kemudian kami menemukan, aktivitas fisik dari kebiasaan kecil berangkat ke sekolah, ternyata dapat meningkat konsentrasi sampai empat jam,” kata Niels Egelund, salah seorang penulis dalam laporan tersebut yang dikutip AFP.

Ia menambahkan, hasil penelitian menunjukkan bahwa sarapan dan makan siang pada dasarnya juga memiliki dampak. Namun hal ini tidak terlalu signifikan dibanding aktivitas fisik untuk pergi ke sekolah.

Sebelumnya sebuah survei dilakukan dengan melibatkan 19.527 siswa berusia 5-19 tahun. Peserta ditanya tentang kebiasaan olahraga mereka dan kemudian diberi tes dasar pengukuran konsentrasi.

Penelitian sebelumnya dari University of Montreal telah menemukan bahwa olahraga membantu otak kita membuat lebih baik menggunakan oksigen. Hal ini juga dapat mengurangi kelelahan mental dan mempertajam pemikiran Anda di antara sesi olahraga. adi

author