banner 468x60

Anggaran Ujian Nasional 2014 Sudah Disepakati DPR

397 views
iklan

ujian1Penakita | JAKARTA – Meski jadwal pelaksanaan ujian nasional (UN) tahun 2014 belum ditetapkan, ada perkembangan signifikan dalam proses persiapan UN tersebut. Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Prof Dr M Nuh, anggaran UN 2014 sudah ditetapkan oleh DPR sejak bulan Oktober 2013.

Kondisi ini tentu berbeda dengan tahun ini yang sempat molor. Mendikbud menegaskan, secara volume pelaksanaan UN 2014 tidak mengalami perbedaan signifikan dengan UN 2013. “Jadi anggarannya tetap sekitar Rp 600 miliar. Sama seperti tahun ini,” ujarnya.

Dengan proses penetapan anggaran yang lebih dini, Nuh optimis anggaran UN 2014 bisa dipakai sejak Januari 2014. Atinya, potensi kegagalan pelaksanaan UN yang tidak serempak seperti tahun ini tidak terulang lagi.

Menurut Nuh, secara teknis belum ada kegiatan persiaoan UN yang sudah berjalan. Paling banter masih persiapan pembuatan naskah ujian oleh tim dari Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud.

Nuh menyebutkan, tahun depan sudah disepakati skema baru percetakan naskah ujian yang tidak lagi ditangani pusat atau Kemendikbud. Percetakan naskah ujian ini dipasrahkan ke daerah yang dibagi secara region-region.

“Misalnya di Makassar, kebagian region untuk seluruh pulau Sulawesi plus Papua,” papar mantan Rektor ITS ini.

Namun Nuh menegaskan pembagian region ini belum ditetapkan. Pembagian region ini hasil konvensi UN beberapa waktu lalu. Upaya ini untuk antisipasi jika ada kendala di salah satu percetakan, tidak berdampak pada banyak lokasi ujian.

“UN tahun ini benar-benar jadi pelajaran penting,” tegas M Nuh.

Dalam waktu dekat akan disusun tanggal pelaksanaan UN 2014, termasuk penetapan jumlah pesertanya. Selain itu juga tingkat kesukaran butir-butir soal ujian.  dde

author