banner 468x60

Antibiotik Kini Tak Lagi Ampuh Melawan Flu

467 views
iklan

Penakita | SURABAYA – Musim pancaroba seperti sekarang membuat kita mudah sekali terkena flu. Jika hal tersebut telah terjadi, tak sedikit orang yang kemudian mengonsumsi obat antibiotik untuk mengatasinya. Meski tak jarang, kini cara tersebut kurang memberi dampak positif yang signifikan.

Seperti dikutip dari studi yang dilakukan oleh jurnal Annals of Family Medicine, kini banyak produk antibiotik yang tak lagi manjur dalam mencegah beberapa jenis penyakit yang disebabkan oleh flu. Seperti flu, laringitis, bronkitis, serta virus lain (ISPA).

Yang mengejutkan, dalam penelitian tersebut mengungkap, hanya 1 dari 12.255 pasien yang berhasil dicegah penyakit pneumonia-nya. “Makin banyak antibotik yang diminum, makin cepat bakteri di sekitar kita yang jadi kebal. Ini berarti, jika di kemudian hari kita sakit, besar kemungkinan penyakit itu tak akan sembuh oleh antibiotik,” kata Sharon Meropol, asisten professor epidemiologi dari Case Western Reserve University School of Medicine yang melakukan riset ini.

Meski demikian, antibiotik masih memiliki fungsi positif dalam beberapa masalah kesehatan. Terutama mempercepat penyembuhan beberapa penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

“Jika dokter Anda menyarankan antibiotik sebagai pencegahan flu, sebaiknya tanyakan alasannya dan apakah memang diperlukan,” ujar Robert Klein, kepala divisi penyakit infeksi dari St.Luke’s dan Roosevelt Hospitals. adi

author