banner 468x60

Antisipasi Joki, Panitia SBMPTN Pasang Detektor Wi-fi

446 views
iklan

Detektor Wi-FiPenakita | SURABAYA – Panitia Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tampaknya tak ingin kebobolan oleh aksi joki seperti yang terjadi di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) beberapa waktu lalu. Sebagai langkah preventif, panitia memastikan bakal menandingi kecanggihan teknologi seperti yang dilakukan para joki yang tertangkap saat tes masuk Fakuktas Kedokteran UMM tersebut.

Selain mengacak tempat duduk dengan formasi yang tidak diberitahukan kepada peserta, panitia juga menyiapkan alat pendeteksi jaringan Wi-fi dan Bluetooth.

“Belajar dari peristiwa praktik perjokian di UMM yang menggunakan alat canggih, panitia juga akan memasang alat pendetektor jaringan Wi-fi dan Bluetooth. Selain itu, ada sistem random untuk tempat duduk peserta,” cetus Ismaini Zain, Koordinator Humas SBMPTN dari ITS.

Ditambahkan pula,”Detektor sinyal Wi-fi dan Bluetooth akan kami pasang di setiap ruang yang digunakan dalam ujian SBMPTN. Alat ini sebagai antisipasi tindak kecurangan yang dilakukan oleh peserta.”

Sebagaimana diberitakan, UMM berhasil mengungkap praktik joki saat tes masuk yang dilakukan Senin (13/5/2013) lalu. Namun, 31 pelaku joki tersebut akhirnya dilepas oleh kepolisian resor Malang karena bukti kurang kuat. ari

author