banner 468x60

Antisipasi Pemilu, Ujian Nasional 2014 Digelar Akhir April

34 views
iklan

ujian-nasional- smaPenakita | JAKARTA – Pelaksanaan ujian nasional (UN) tahun 2014 dipastikan diselenggarakan setelah Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif yang digelar pada 9 April 2014. Informasi yang diperoleh dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), UN tahun depan kemungkinan diadakan pada 21 Apri1 2014.

Menurut Hendarman, Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud, penetapan jadwal UN harus memperhatikan agenda Pemilu. Karena, saat Pemilu, konsentrasi polisi dan masyarakat fokus pada hajatan akbar lima tahunan itu. Di sisi lain, pelaksanaan UN selama ini juga memerlukan perhatian aparat kepolisian dan unsur-unsur terkait lainnya.

Pada 2013 UN diadakan pada pekan kedua April. Namun, tahun ini Kemendikbud tidak mau mengambil risiko bentrok dengan Pemilu sehingga menggeser pelaksanaan UN pada April pekan keempat. “Secara prinsip, tidak ada perubahan signifikan, kan masih sama-sama April,” ucapnya.

Pergeseran pelaksanaan UN selama dua pekan ini kemudian disikapi dengan urusan pemindaian, sehingga tidak mengganggu kegiatan lain, seperti misalnya penerimaan calon mahasiswa baru. “Jadwal pasti tanggal pelaksanaan UN hingga kini belum ditetapkan. “Kami di Balitbang terus berkoordinasi dengan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP),” papar Hendarman.

Sambil menunggu kepastian pelaksanaan UN, saat ini tim di Balitbang bersama BSNP terus mempersiapkan pelaksanaan teknis UN. Di antaranya menyangkut penyiapan butir-butir soal ujian.

Selain itu, lanjut Hendarman, tim juga sedang menyiapkan draf peraturan menteri (Permen) tentang UN. “Setiap penyelenggaraan UN harus didasari Permen dan di bawahnya ada SOP (standard operating procedure),” ungkapnya.

Dalam permen itu nanti ditetapkan tanggal pelaksanaan UN, urusan percetakan naskah ujian, ketentuan mengenai pengawasan, serta distribusi naskah. Hendarman memperkirakan Permen Kemendikbud bakal menerbitkan Permen terkait UN lengkap dengan SOP-nya paling lambat Desember mendatang.

Selanjutnya, awal tahun depan panitia UN bisa langsung bergerak. Apalagi, mengenai anggaran UN 2014 sudah tidak ada permasalahan. Kemendikbud bersama DPR sudah sepakat besaran anggaran UN tahun depan sekitar Rp 600 miliar.

Hendarman berharap, para guru dan siswa yang akan menghadapi ujian diminta mulai mempersiapkan diri. “Upaya yang bisa dikebut saat ini adalah menuntaskan materi-materi pelajaran. Selanjutanya, berlatih mengerjakan simulasi soal UN,” sarannya. dde

author