banner 468x60

ASI Bisa Cegah Penularan HIV pada Anak

482 views
iklan

Penakita | CAROLINA – Di balik fungsinya yang baik sebagai asupan nutrisi utama yang aman untuk bayi, air susu ibu (ASI) ternyata memberi manfaat yang berguna bagi kehidupan seorang anak kelak. Dalam sebuah penelitian, Asi disinyalir dapat menolak penularan HIV pada anak.

Hal ini pertama kali ditemukan dalam sebuah percobaan yang melibatkan tikus. Dikutip dari Health, dalam penelitiannya, ilmuwan menemukan, Asi melindungi tikus dari penularan virus HIV.

Dari percobaan ini, diketahui bahwa kemungkinan besar hal yang sama juga bisa terjadi pada manusia. Para peneliti percaya Asi kemungkinan besar dapat menyelamatkan bayi dari serangan virus paling mematikan ini.

Dalam riset yang dilakukan tim peneliti di University of North (UNC) Carolina School of Medicine diketahui, hal tersebut karena senyawa dalam ASI kemungkinan besar dapat menghancurkan HIV. Untuk menyelidiki kontradiksi ini, para peneliti UNC menggunakan tikus yang memiliki sistem kekebalan tubuh hampir sama dengan manusia.

Tikus tidak terinfeksi HIV bila diberikan ASI meski hidup di lingkungan tikus yang terinveksi virus HIV. Laporan penelitian ini telah diterbitkan pada 14 Juni di jurnal Online PLoS Pathogens.

“Studi ini memberikan wawasan yang signifikan manfaat yang menakjubkan dari ASI untuk menghancurkan HIV dan mencegah penularan,” kata penulis senior J Victor Garcia yang juga profesor kedokteran di Pusat UNC untuk Penyakit Infeksi dan Pusat UNC untuk AIDS Research.

Meski demikian, hal ini tidak berlaku jika menyusu dari ibu yang terinfeksi HIV. Karena hal ini bisa jadi menyebabkan fakta penularan infeksi HIV pada bayi yang sebaliknya. adi

author