banner 468x60

Asparagus Bisa Jadi Obat Diabetes

563 views
iklan

Asparagus-SoupPenakita | SURABAYA – Selain menghindari beberapa jenis makanan tertentu, ternyata mengatasi diabetes juga bisa dilakukan dengan konsumsi rutin jenis makanan lain. Menurut penelitian, hal ini bisa diatasi dengan konsumsi rutin asparagus.

Untuk sehat, ada cara sehat. Karena asparagus yang dibuat sebagai soup atau olahan masakan lain ternyata dapat mengatasi diabetes. Dikutip dari Dailymail, menurut studi, sayuran ini memiliki fungsi sebagai pengontrol gula darah yang baik.

Rutin mengonsumsi asupan bahan ini akan menjaga kadar gula darah pada posisi normal. Karena menurut ilmuwan, hal ini sekaligus meningkatkan produksi insulin tubuh. Jenis hormon yang dapat membantu dalam proses penyerapan glukosa.

Makanan berlemak dan gaya hidup yang tidak sehat telah menjadi faktor penyebab utama dalam peningkatan resiko kasus kejadian diabetes. Untuk melihat apakah asparagus bisa membantu, para ilmuwan di University of Karachi di Pakistan menyuntik tikus dengan bahan kimia untuk menginduksi keadaan diabetes.

Hasil penelitian yang telah dipublikasikan dalam British Journal of Nutrition, menunjukkan, kelompok dengan konsumsi asparagus didapati kondisi kadar gula darah yang rendah namun tidak meningkatkan produksi insulin.

Penemuan ini mendukung studi sebelumnya menyoroti manfaat asparagus. Satu lagi penelitian yang telah diterbitkan dalam British Medical Journal tahun 2006 menunjukkan asparagus memicu peningkatan 81% dalam pengambilan glukosa oleh otot-otot tubuh dan jaringan.

Dalam sebuah laporan tentang temuan mereka peneliti Universitas Karachi mengatakan, studi ini menunjukkan ekstrak asparagus memberi efek positif sebagai metode anti-diabetes.

author