banner 468x60

Asyiknya Belajar Sejarah Batik Madura di Rumah Batik Jawa Timur

395 views
iklan

DSCN2996Penakita | SURABAYA – Indonesia adalah sebuah negara yang kaya warisan budaya. Satu di antaranya adalah batik. Tak banyak orang tahu, batik ternyata selalu menyimpan sejarah atau penggalan cerita makna di balik guratannya, seperti batik Tase’ Malajah asal Bangkalan Madura ini. Batik ini rupanya mengisahkan tentang kesetiaan seorang istri yang menanti kedatangan suaminya melaut di laut Malaka (Tase’Malajah).

Begitulah sekelumit histori batik Madura yang diperoleh Retna Setya Ningsih, ketika mengunjungi Rumah Batik yang terletak di Jalan Kusuma Bangsa Surabaya ini. Bersama ketiga temannya yang lain, ia lebih memilih untuk menghabiskan waktu liburannya ke Rumah Batik Jawa Timur daripada ke mall.

Retna mengaku, memang sengaja menjadwalkan berlibur ke beberapa lokasi wisata edukatif minggu ini. Ia ingin mencari suasana liburan yang baru, tidak sekadar bersenang-senang atau hangout bersama teman.

“Awalnya sih iseng saja, karena dengar informasi dari teman, kalau di daerah ini ada sebuah rumah batik Jawa Timur. Bosan juga kalau terus-terusan ke mall. Cuma sekadar cari suasana baru sih jalan-jalan ke sini,” tutur Retna sembari malu-malu kepada PENAKITA.com, Minggu (10/3/2013).

Menurut siswa SMA Ta’ Miriyah Surabaya ini, berwisata edukatif, selain sebagai alternatif liburan yang menyenangkan, juga dapat menambah wawasan. Seperti histori batik Madura yang ia dapatkan di Rumah Batik Jawa Timur ini. Penjelasan dan pengetahuan itu sangat berguna menambah wawasannya, kata Retna.

“Ternyata cukup seru dan menyenangkan menghabiskan waktu di Rumah Batik Jawa Timur ini. Saya dan teman-teman bisa mengetahui kisah-kisah di balik sebuah batik. Kalau bagi orang awam sepertinya biasa saja, tapi setelah mengetahui histori atau sejarahnya, ternyata keren banget. Saya berencana menulis lagi histori batik Madura ini ke dalam sebuah artikel di blog saya. Biar bisa jadi pengetahuan juga untuk orang lain,” tandasnya. ika

author