Atasi Masalah Alienasi, Pakde Karwo Minta Guru Sapa dan Ajak Ngobrol Siswa

Dr H Soekarwo, Gubernur Jawa Timur

Penakita | SURABAYA – Di era yang makin modern ini ternyata permasalahan alienasi justru meningkat. Kasus alienasi ini tak hanya terjadi pada orang dewasa, tetapi dirasakan dan terjadi pada siswa sekolah.

“Sekarang banyak orang merasa sepi di tempat ramai,” begitu kata Dr H Soekarwo, Gubernur Jawa Timur saat menerima pengurus PGRI Jatim  di ruang kerjanya di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (30/7/2018).

Karena itu, pria yang akrab disapa Pakde Karwo ini meminta agar sekolah lewat guru Bimbingan Konseling (BK) lebih proaktif menyapa siswa. “Sekolah harus bisa menyelesaikan masalah ini, siswa diajak bicara, disapa, biarkan mereka curhat masalah yang dialaminya,” katanya.

Dalam kaitan itu pula Pakde Karwo minta agar ruangan di BK ini dibuat lebih bagus dan leluasa sehingga siswa bisa lebih nyaman untuk curhat. “Tidak cuma urusan sekolah tapi juga urusan lain,” tegas Pakde Karwo.

Orang nomor satu di Jatim ini juga meminta PGRI untuk ikut mengevaluasi sistem pendidikan yang harus memberikan output pada pembentukan karakter siswa. “Beberapa masalah OTT kepala daerah beberapa waktu lalu adalah soal integritas, jadi bagaimana sistem pendidikan kita itu melahirkan orang-orang yang berkarakter,” tuturnya mengingatkan.

Terkait rencana peringatan Hari Guru Nasional dan HUT Ke-73 PGRI sekaligus Hari Aksara Internasional ke-55 Provinsi Jatim di Sumenep 17 November mendatang, Pakde Karwo menyambut baik dan siap mendukung. Beberapa usulan juga disampaikan mulai dari teknis pelaksanaan sampai konsep acara.

“Kalau misal seminar, harus dibuat semenarik mungkin dengan tema yang bermanfaat bagi para guru, sehingga mereka tertarik mengikuti sampai selesai,” katanya.

Sementara itu, Ketua PGRI Jatim, Ichwan Sumadi mengatakan, kunjungan pengurus PGRI Jatim kali ini adalah menyampaikan progress persiapan pelaksanaan HUT PGRI dan Hari Aksara mendatang. Menurutnya, acara yang akan dihadiri sekitar 30 ribu guru se-Jatim ini akan diikuti berbagai rangkaian acara seperti seminar dan simposium. sum