banner 468x60

Atlet Berprestasi Dijamin Masuk Sekolah Negeri. Ini Syaratnya!

352 views
iklan

atlet prestasiPenakita | SURABAYA – Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Surabaya membuka peluang bagi siswa yang berprestasi di bidang olahraga masuk sekolah negeri dengan mudah. Syarat yang diberlakukan adalah siswa tersebut pernah mewakili Jawa Timur di tingkat nasional atau bahkan internasional.

Kepala Dindik Surabaya, Drs Ikhsan MSi menyatakan, kesempatan ini terbuka bagi Juara 1, 2, dan 3 pada kejuaraan daerah atau pekan olahraga provinsi (porprov). Tak hanya itu, Juara 1, 2, dan 3 kejuaraan nasional, pekan olahraga daerah Jatim, pekan olahraga SD tingkat Jatim serta olimpiade olahraga siswa nasional (O2SN) tingkat Jatim pun bisa mendaftarkan diri.

Atlet berprestasi ini dapat jaminan masuk sekolah negeri lewat jalur khusus prestasi olahraga. Untuk seleksi di jalur khusus ini Dindik Kota Surabaya bekerjasama dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Surabaya.

“Seleksinya nanti pihak Koni yang melakukan, karena mereka lah yang tahu seseorang itu atlet atau bukan, serta seperti apa prestasi masing-masing siswa,” beber Ikhsan.

Menurut Ikhsan, bagi atlet yang berprestasi ini bisa mendaftarkan diri dengan menunjukkan piagam kejuaraan masing-masing. Atlet tersebut juga harus melampirkan fotokopi kartu keluarga plus memperlihatkan aslinya.

“Setelah data-data diverifikasi Koni, hasilnya diserahkan ke Dindik Surabaya,” ujar Ikhsan yang alumni Psikologi Universitas Airlangga.

Ditambahkan, pendaftaran jalur prestasi olahraga diajukan ke Bidang Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Dindik Surabaya. Sama dengan pendaftar siswa kurang mampu, jalur prestasi olahraga akan mulai dibuka tanggal 18 Juni hingga 21 Juni 2013 di sekolah yang dituju. Kemudian pada tanggal 24 Juni 2013 dilakukan evaluasi dan hasilnya diumumkan pada 27 Juni 2013.  ari

author