banner 468x60

Autis Bisa Disembuhkan dengan Hewan Peliharaan

465 views
iklan

dog-boyPenakita | SURABAYA – Hewan dan terapi penyembuhan untuk masalah autism bisa jadi terapi yang sudah umum dilakukan. Beberapa jenis hewan, seperti lumba-lumba dipercaya dapat menyembuhkan autis lebih cepat. Lalu bagaimana dengan jenis hewan yang lain?

Dalam sebuah penelitian, ternyata sindrom autism bisa disembuhkan dengan berbagai jenis hewan jinak, seperti hewan peliharaan yang ada di rumah. Seperti dikutip dari Dailymail, dalam sebuah penelitian yang dilakukan rumah sakit Centre of Brest di Paris mengungkap, memberi hewan peliharaan ke anak penderita autis, secara signifikan akan meningkatkan keterampilan sosial sang anak.

Para peneliti mengatakan ini mungkin karena hewan peliharaan yang didatangkan (bukan ada sejak anak tersebut lahir) bisa memiliki nilai kebaruan. Studi ini dipimpin oleh Dr Marine Grandgeorge yang sebelumnya melakukan dua penelitian dan telah diterbitkan di jurnal PLoS ONE.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak dengan hewan peliharaan lebih mampu berbagi makanan atau mainan dengan orangtua atau anak-anak lain. Keberadaan hewan peliharaan juga diketahui dapat meningkatkan kenyamanan bagi mereka saat merasa sedih atau terluka. Dan hal berbeda tidak terjadi pada anak yang tidak mendapatkan hewan peliharaan.

Sementara pada penelitian kedua, kelompok studi dilakukan dengan membandingkan delapan anak yang memiliki hewan peliharaan dalam keluarga sejak lahir dan delapan yang tidak memiliki hewan peliharaan. Sayangnya, pada studi yang kedua ini peneliti tak menemukan banyak perubahan kreativitas sosial yang terjadi di kelompok responden.

Para peneliti lain juga telah menemukan hewan peliharaan pada dasarnya dapat meningkatkan keterampilan anak dalam proses perkembangan yang khas, termasuk meningkatkan harga diri dan empati. adi

author