banner 468x60

Awas, Dindik Jatim Bakal Tegur Perusahaan ‘Ndableg’!

392 views
iklan

unpk-ikaPenakita | SURABAYA – Dinas Pendidikan (Dindik) Jawa Timur bakal memberikan teguran kepada perusahaan yang tidak memberikan izin pekerjanya untuk mengikuti Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) 2013. Teguran itu akan disampaikan secara langsung maupun secara tertulis ke perusahaan yang dianggap ‘ndableg’ tersebut.

Menurut Kabid Pendidikan Nonformal dan Informal (PNFI) Dindik Jawa Timur, Nasor, setelah pelaksanaan UNPK ini pihaknya akan melakukan evaluasi, terutama terkait masalah izin yang tidak diberikan sejumlah perusahaan kepada karyawannya yang hendak mengikuti UNPK. Bahkan, tahun depan, pihaknya lebih tegas lagi mengatasi persoalan tersebut.

“Ya kami akan memberikan teguran kepada perusahaan terkait. Karena UNPK itu kan hak (pekerja yang jadi) siswa, seharusnya tidak boleh dilarang seperti itu. Apalagi kami sudah memberikan surat dan sosialisasi kepada Dindik kabupaten/ kota setempat termasuk kepada perusahaan yang bersangkutan,” tutur Nasor kepada PENAKITA.com, Rabu (24/4/2013).

Sementara itu, banyaknya peserta UNPK yang terkendala izin perusahaan terjadi kembali. Kali ini di wilayah rayon 32 Surabaya, sedikitnya 30 dari 256 peserta terdata urung mengikuti ujian. Diperkirakan mereka terkendala izin dari perusahaan masing-masing.

Koordinator Wilayah Rayon 32 Surabaya, Imam Rohani mengaku, belum melakukan penelusuran lebih lanjut mengenai alasan para peserta tak mengikuti UNPK. “Nanti setelah ujian ini berakhir, akan kami cek mereka itu dari PKBM mana saja, dan alasannya kenapa kok sampai tidak jadi mengikuti UNPK. Hasilnya akan segera kami laporkan kepada Dindik,” tandas Imam.ika

author