banner 468x60

Bagian Telur Ini Harus Dihindari!

423 views
iklan

putih telurPenakita | KANADA – ibanding bagian yang putih, ternyata kuning telur memberi dampak buruk pada kesehatan. Karena konsumsi harian kuning telur menurut penelitian akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan kolesterol pada seseorang, terutama mereka yang berusia di atas 40 tahun.

Dikutip dari Dailymail, sebuah studi klinis membuktikan, kuning telur pada dasarnya sering meningkatkan penumpukkan plak yang akhirnya menyulut pengerasan arteri. Jika semakin tebal, hal ini dapat memicu munculnya penyakit jantung dan koroner. Demikian ungkap Dr David Spence, dari University of Western Ontario, Kanada.

Menurutnya, bahaya konsumsi harian telur bahkan memiliki risiko 2/3 dari kegiatan merokok. Hasil temuan ini sebelumnya didapat dari survei yang dilakukan oleh 1.231 orang (pria dan wanita). Dalam temuannya, daerah plak karotid meningkat sejalan tidak beraturan sebelum seseorang berusia 40 tahun.

Namun setelah berusia 40 tahun ke atas, peningkatan rata-rata risiko konsumsi kuning telur bisa sama dengan kebiasaan merokok secara teratur. Dalam penelitian ini, konsumsi telur dilakukan sebanyak dua kali dalam seminggu.

“Studi ini menunjukkan bahwa, dengan usia, plak terbentuk secara bertahap di arteri. Parahnya kuning telur membuatnya terbangun lebih cepat,” ujar Spence.

Dia menambahkan, efek independen lain tidak dilihat dalam penelitian ini. Diantaranya jenis kelamin, kolesterol, darah, merokok tekanan, indeks massa tubuh dan diabetes.

Spence menambahkan, diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini. Dan dia menyarankan untuk tidak melakukan konsumsi harian telur guna menghindari risiko peningkatan penyakit jantung. Penelitian ini sebelumnya sudah dipublikasikan secara online dalam jurnal Atherosclerosis. adi

 

author