banner 468x60

Bahasa Indonesia Jadi Mata Kuliah Pilihan di Maroko

442 views
iklan

Penakita | MAROKO – Bahasa Indonesia resmi diajarkan di Universitas Mohamed V-Rabat-Maroko. Untuk semester ganjil ini perkuliahan dilaksanakan setiap hari Senin dan Rabu. Demikian diwartakan Kompas.com.

Saat ini terdaftar 31 orang mahasiswa Universitas Mohamed V yang mengikuti mata kuliah Bahasa Indonesia untuk semester ganjil, tahun akademik 2012/2013. Sementara dosen pengajar datang dari Universitas Negeri Jakarta.

Dalam siaran pers KBRI Rabat yang dirilis Minggu (27/1/2013), dijelaskan perkuliahan Bahasa Indonesia di Universitas Mohamed V-Rabat telah diprogramkan dalam dua tingkatan, yaitu dasar dan menengah. Pengajaran Bahasa Indonesia di Universitas Mohamed V diresmikan pada 10 Oktober 2012, dengan kuliah umum perdana di Gedung Amphitheatre Fakultas Science Universitas Mohamed V Rabat-Maroko, yang disaksikan Dubes RI untuk Maroko, Tosari Widjaja, dan Rektor Universitas Mohamed V Prof Dr Wail Benjelloun.

Program tersebut dilaksanakan setiap semester di Fakultas Sastra dan Humaniora. Bobot perkuliahan untuk setiap tingkatan adalah empat SKS dengan empat kali pertemuan dalam seminggu.

Perkuliahan terbuka bagi seluruh mahasiswa Universitas Mohamed V, baik dari tingkat S-1, S-2, maupun S-3. Sistem perekrutan dilakukan secara terbuka dengan menggunakan papan pengumuman yang berada di lokasi kampus.

Di samping itu, beberapa jurusan juga memasukkan kuliah Bahasa Indonesia sebagai mata kuliah pilihan bagi mahasiswa, sehingga mahasiswa yang mengikuti perkuliahan Bahasa Indonesia dianggap telah mengikuti perkuliahan yang ditawarkan dalam kurikulum jurusan tersebut.

Guna terus mempromosikan bahasa Indonesia di Maroko, KBRI Rabat juga membuka kursus bahasa Indonesia bagi masyarakat umum Maroko, yang diadakan di KBRI setiap Senin dan Rabu pukul 15.00-17.00.

author