banner 468x60

Bahaya Jika Anak Kecanduan Main Smartphone!

433 views
iklan

SURABAYA – Tak cuma sebagai sarana telekomunikasi, fungsi edukasi sekaligus hiburan yang dihadirkan melalui perangkat ponsel pintar (Smartphone), membuat perangkat ini kini mulai familiar di kalangan anak-anak. Seperti mainan, keberadaannya kini bahkan telah menggantikan Robot dan Boneka sebagai teman tidur malam.

Fenomena kecanduan smartphone pada anak telah menjadi sorotan di Amerika Serikat, seperti diungkap dalam USA TODAY. Dalam sebuah kasus, seorang gadis 11 tahun di Korea bahkan tak bisa lepas dari smartphonenya. Ia gemar menulis pesan untuk teman-temannya dan memberi makan hamster digitalnya.

Seperti dikutip dari Mashable, sebuah studi yang dilakukan oleh organisasi sosial Common Sense Media, mempelajari lebih lanjut tingkat ketergantungan remaja dengan perangkat mobile mereka. Dalam penelitian ini menunjukkan, 41% dari remaja mengatakan mereka mengalami “Kecanduan akut dengan perangkat mobile”.

“Beberapa remaja mengaku ingin menghilangkan kebiasaan ini dan berharap mereka memiliki kehidupan normal tanpa terkekang dengan media digital dan sosial,” papar Parenting Editor Common Sense Media, Caroline Knorr.
Dia menambahkan, dalam hal ini peran orang tua sangat diperlukan sebagai peran yang memberi contoh model perilaku yang baik dan menetapkan batasan pada media sosial.

“Orangtua perlu mengingat mereka model peran anak-anak di era digital. Dan orang tua seharusnya lebih aktif memonitor prilaku anak dalam hal beraktivitas dengan perangkat mobile dan media sosial,” jelasnya.

Bagi anak-anak, kemudahan mengakses teknologi modern suatu hari bisa berdampak berbahaya. Sebaliknya, orang dewasa juga harus ingat waktu ketika saat menggunakan perangkat mobile mereka. Karena disadari atau tidak, selain akan menghilangkan waktu untuk bersosialisasi, hal ini akan menjadi contoh yang buruk terhadap perilaku dan perkembangan anak. adi

author