banner 468x60

Baktiono : Seragam Gakin Harus Dilelang!

419 views
iklan

BaktionoPenakita | SURABAYA – DPRD Surabaya mengingatkan Dinas Pendidikan (Dindik) terkait dana bantuan pakaian seragam sekolah bagi siswa dari keluarga miskin (Gakin). Karena anggaran seragam siswa Gakin yang mencapai sekitar Rp 3,5 miliar itu masuk dalam satu kode rekening sehingga seharusnya dilakukan pelelangan.

“Jika tidak dilelang, silakan Dindik mempertanggungjawabkan sesuai UU yang ada,” tegas Baktiono, Ketua Komisi D DPRD Surabaya, Minggu (12/5/2013).

Baktiono mengingatkan, anggaran bantuan seragam bagi siswa Gakin merupakan bentuk kepedulian terhadap kelangsungan belajar masyarakat kurang mampu. Ini dilakukan setelah Komisi D DPRD menilai seragam sekolah bagi siswa cukup memberatkan orangtua siswa Gakin.

Ditambahkan pula, anggaran bantuan seragam diputuskan diberikan kepada siswa Gakin dari tingkat SD, SMP, dan SMA. Baik untuk sekolah negeri maupun swasta, siswa Gakin diberi bantuan seragam sekolah melalui APBD Kota Surabaya.

“Untuk jumlahnya berapa siswa Gakin yang mendapat bantuan pakaian seragam tersebut kami tidak hafal, tapi di masing-masing sekolah ada 5 persen dari total jumlah siswa yang menerima bantuan tersebut,” paparnya.

Karena itu pula, DPRD Kota Surabaya akan selalu melakukan evaluasi terhadap penyediaan bantuan pakaian seragam sekolah bagi siswa Gakin. Dengan demikian perhatian Komisi D DPRD tidak hanya soal kuota bagi siswa Gakin di sekolah negeri tapi soal fasilitas juga ikut diawasi.

“Ini agar tidak ada penyalahgunaan program sehingga tidak tepat sasaran,” pungkasnya. ari

author