banner 468x60

Bangun Pagi Bisa Perpanjang Usia

385 views
iklan

wake-up-happyPenakita | Toronto – Menurut sebuah penelitian, kebiasaan bangun pagi ternyata memberi banyak manfaat bagi seseorang. Selain membuat kita lebih mudah menjalani aktivitas sehari-hari, kebiasaan ini membuat kita menjadi tak rentan terserang penyakit.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan University of Toronto, bangun pagi setiap hari membuat orang lebih gembira dengan sistem kekebalan yang prima. Seperti dikutip dari The Daily Telegraph, Renee Biss, pemimpin studi ini mengungkap, orang akan memiliki tingkat perasaan positif lebih baik ketika mereka sering bangun lebih pagi setiap hari.

“Hal ini pada akhirnya berpengaruh pada kesehatan mental seseorang. Dengan kata lain orang bangun pagi akan lebih siap dan bahagia dari pada yang tidak,” tambahnya.

Dia menjelaskan, salah satu alasan mengapa bangun pagi mungkin lebih bahagia karena jam biologis mereka lebih sejalan dengan jadwal. Temuan ini sendiri sebelumnya telah melalui riset yang melibatkan 435 orang dewasa berusia 17-38 tahun dan 300 relawan berusia 59-79 tahun.

Dalam akhir studi para peneliti ini juga mengungkap tingkat kematian orang yang memiliki kebiasaan bangun kesiangan lebih tinggi dari yang bangun pagi. Hal ini sangat berkaitan dengan pembentukan sistem immune tubuh. Dengan sistim immune yang rendah, maka seseorang akan gampang terserang penyakit. adi

author