banner 468x60

Bea SBPP dan SPP di Sekolah Favorit Ini Kemungkinan Turun

617 views
iklan

SMAN 3 MalangPenakita | MALANG – Ini kabar baik bagi warga Kota Malang. Meski sumbangan biaya penyelenggaraan pendidikan (SBPP) dan  sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) belum ditetapkan, namun pihak penyelenggara sekolah, bahkan pada sekolah dengan kategori favorit meyakini nominal SBPP dan SPP tahun ajaran 2013-2014 kemungkinan mengalami penurunan.

SMAN 3 Kota Malang misalnya, sebagai salah satu sekolah favorit melihat peluang perubahan besaran SBPP dan SPP yang tahun lalu masing-masing Rp 0, – Rp 5.000.000 (SBPP), dan Rp 0, – Rp 250.000 (SPP). “Besar kemungkinan untuk tahun ini lebih rendah lagi,” ujar M SUlthon, Kepala SMA Negeri 3 Kota Malang.

Menurut Sulthon, besaran SBPP dan SPP SMAN 3 mengacu pada program-program dan kebutuhan sekolah selama setahun. Total dari program dan kebutuhan sekolah itu lalu dibagi sama rata kepada wali murid.

“Tahun lalu biaya total kami Rp 4 miliar, karena kami sedang membangun area parkir, laboratorium religi, dan lain-lain. Tahun ini sudah jadi, sehingga kebutuhan sekolah sudah turun, dan otomatis SBPP dan SPP juga turun,” begitu ungkapnya. Namun, Sulthon menyatakan kepastian besaran SBPP dan SPP masih harus menunggu rapat bersama MKKS dan Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Malang.

Sedang bagi siswa tidak mampu, kata Sulthon, pihaknya tetap membebaskan dari bea SBPP dan SPP. “Tahun lalu ada dua siswa yang bebas biaya dan puluhan lainnya yang membayar di bawah Rp 5 juta dan Rp 250.000. Sebab kami ada ketentuan 20 persen siswa miskin akan mendapat keringanan biaya pendidikan atau bahkan gratis sekolah,” tandasnya. sum

author