banner 468x60

Bea Ujian Masuk PTN Naik Rp 25.000

369 views
iklan
Ilustrasi

Ilustrasi

Penakita | BANDUNG – Biaya pendaftaran ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2013 ini dipastikan naik sekitar Rp 25.000 dari tahun sebelumnya. Untuk kelompok ujian Saintek (IPA) dan Sosial Humaniora (IPS) naik menjadi Rp 175.000 dari tahun sebelumnya Rp 150.000.

Sementara kelompok ujian campuran yang sebelumnya Rp 175.000 kini menjadi Rp 200.000. “Tahun ini tidak ada subsidi pemerintah, karena itu ada kenaikan,” kata Asep Gana Suganda, Sekretaris Eksekutif I Panitia Lokal (Panlok) SBMPTN Bandung, Asep Gana Suganda, usai sosialisasi SBMPTN di Gedung Rektorat Universitas Padjadjaran, Kota Bandung, beberapa waktu lalu.

Meski ada kenaikan biaya pendaftaran, lanjut Asep, ada keuntungan untuk calon peserta ujian dari perubahan sistem pemilihan program studi (Prodi). Jika tahun lalu ujian seleksi peserta hanya dapat memilih dua prodi dalam satu kelompok ujian, tahun ini calon peserta dapat memilih tiga program studi dalam satu kelompok ujian.

“Sekarang peserta boleh memilih tiga program studi baik dari kelompok Saintek, Soshum, maupun dari campuran,” ujarnya smbil menambahkan, pelaksanaan ujian dilakukan serentak tanggal 18-19 Juni 2013.

Panitia Lokal (Panlok) SBMPTN Bandung telah menyediakan 2.000 ruang kelas, tersebar di empat perguruan tinggi. Ribuan ruang kelas tersebut untuk menampung 40.000 peserta ujian dari seluruh Indonesia. “Satu orang pengawas akan mengawasi 10 peserta. Dalam satu ruang ujian ada 20 orang. Jadi kita pakai dua orang pengawas dalam satu kelas,” cetusnya.

Sebelumnya diberitakan, empat perguruan tinggi negeri di Bandung, yaitu Universitas Padjadjaran (UNPAD), Intstitut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati, siap menyeleksi 40.000 peserta ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2013. dde

author