banner 468x60

Belajar Bahasa Isyarat Lebih Mudah Lewat Multimedia

502 views
iklan
Rendy dan perangkat ciptaannya

Rendy dan perangkat ciptaannya

Penakita | SURABAYA – Aplikasi multimedia pembelajaran bahasa isyarat bagi tunarungu, begitulah aplikasi canggih buatan Rendy Gunawan. Aplikasi karya mahasiswa jurusan teknik informatika Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya ini berfungsi membantu siswa berkebutuhan khusus (SBK) tunarungu tingkat SD, belajar bahasa isyarat dengan lebih mudah.

Aplikasi yang diharapkan sebagai aplikasi bagi tunarungu pertama di Indonesia ini, dilengkapi beberapa ikon menu. Beberapa di antaranya adalah isyarat pokok, isyarat tambahan, isyarat bentukan, abjad jari, bilangan, dan kamus isyarat.

Menu isyarat pokok berisikan pengertian isyarat pokok. Sedangkan isyarat tambahan terbagi dalam beberapa menu lagi, yakni isyarat awalan, kamus isyarat, dan isyarat akhiran.

“Isyarat awalan berisikan tentang imbuhan atau prefiks. Kalau kamus isyarat berisi opsi pilihan kata dari A-Z. Sedangkan isyarat akhiran berisi akhiran atau konfiks,” papar Rendy kepada PENAKITA.com, Kamis (7/3/2013).

Aplikasi yang mengadopsi program 3D Max dan Adobe Flash ini disertai pula dengan teks keterangan cara dan animasi gerak bahasa isyarat. Aplikasi ini berisi hampir 200 kata dan teknik gerak bahasa isyarat.

“Aplikasi ini rencananya saya kembangkan dengan memperbanyak kosakatanya. Sementara ini, masing-masing huruf hanya ada lima contoh kata saja,” beber Rendy.

Aplikasi ini lanjut Rendy, telah diujicobakan kepada siswa normal tingkat SD. “Sudah saya ujicobakan, dan responnya cukup bagus. Siswa normal pun bisa dengan mudah mempelajari bahasa isyarat ini. Tapi saya belum ujicobakan langsung kepada siswa tunarungu. Mungkin dalam waktu dekat,” pungkas Rendy. ika

 

author