banner 468x60

Berkat Mimpi Dwi Retno Lolos ke Jakarta

495 views
iklan

dwi retno jepangPenakita | SURABAYA – Jangan remehkan mimpi. Karena setiap keberhasilan yang diraih seseorang tak lepas dari mimpinya di masa lalu.

Berkat Kekuatan Mimpi pula, Dwi Retno Wahyuningtyas berhasil menjadi Juara 1 Lomba Pidato Bahasa Jepang yang diadakan di Aula Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga, Minggu (5/5/2013. “Ini memang pengalaman pribadi. Saya beberapa kali gagal meraih cita-cita. Tapi saya tak putus asa,
karena saya yakin satu saat mimpi saya pasti terwujud,” cetus Retno yang sempat mengenyam pendidikan di Lembaga Pendidikan Bahasa Jepang, Shinju ini usai menerima hadiah.

Tema hampir sama dibawakan Britantia Julian dalam pidatonya berjudul Cara Membuat Sihir. Mahasiswa semester 6 Universitas Negeri Surabaya (Unesa) ini mengungkap keyakinannya bahwa cita-cita bisa diraih lewat ‘sihir’.

Namun, ‘sihir’ yang dimaksud sama sekali tidak berkonotasi negatif. “Sihir ini seperti Harry Potter, membuat sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin. Kita harus tanamkan keyakinan dalam diri bahwa jika kita punya tekad kuat, maka apapun tidak ada yang tidak mungkin,” katanya.

Britantia mengaku, tema pidatonya itu terinspirasi oleh lagu Jepang berjudul Mahou no Merodi atau ‘Melodi Sihir’. Ia mengungkapkan bahwa sihir mampu membuat hal yang tidak mungkin menjadi mungkin, begitu juga dengan impian yang awalnya tidak mungkin bisa jadi mungkin dengan usaha keras.

Karena Melodi Sihir itu, Britantia ditetapkan juri menjadi Juara 2 Lomba Pidato yang diadakan atas kerjasama Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya, Japan Foundation, dan Persada Jawa Timur tersebut. Dan keduanya akan mewakili Jawa Timur mengikuti lomba serupa tingkat nasional. sum

author