banner 468x60

Berkat Umbi Bentul Jessica Bisa Kuliah Gratis

500 views
iklan

yohanes surya_beasiswa Jessica Pratiwi (19) sangat gembira ketika diberitahu dirinya mendapat beasiswa kuliah gratis di Surya University. Siswa kelas XII IPA 2 SMA YPPI 1 Surabaya ini terpilih berkat prestasi akademik dan kemampuannya dalam penelitian serta matematika.

Jessica meraih juara II se Jatim pada International Kanguru Mathematic Competition tahun 2013. Gadis kelahiran 20 November 1996 ini juga termasuk finalis karya ilmiah yang digelar Badan Lingkungan Hidup Surabaya.

Fokus penelitian yang dilakukan Jessica adalah mengenai plastik bio degradable atau pembuatan plastik yang mudah diurai. Gadis berambut panjang ini menggunakan umbi bentul untuk bahan plastiknya dicampur beberapa cairan kimia seperti Asam Klorida (HCl), Natrium Hidroksida (NaH) dan gliserin.

Yang dilakukan Jessica pertama kali adalah umbi bentul ini lebih dulu dibuat tepung dan dimasak menjadi adonan. Setelah itu dibentuk seperti lembaran-lembaran plastik lalu dijemur.

Dalam waktu seminggu, adonan itu sudah menjadi lembaran plastik yang siap dimanfaatkan berbagai kebutuhan. ”Plastik dari umbi bentul ini mudah terurai sehingga ramah lingkungan,” begitu papar Jessica yang bercita-cita bekerja di laboratorium.

Jessica mengaku dirinya memang punya minat khusus di bidang riset karena ingin mdendapatkan pengetahuan-pengetahuan baru. ”Saya senang dengan beasiswa ini tentu bisa membantu meringankan beban orangtua. Tapi saya belum bisa mutuskan karena baru diberitahu,” ujar Jessica mengenai beasiswa yang dia terima dari perguruan tinggi yang menitikberatkan pada pendidikan riset dan teknologi yang didirikan Prof Yohanes Surya.

Siswa-siswa penerima beasiswa Surya University memang disyaratkan memiliki prestasi akademik dan prestasi di luar sekolah seperti lomba riset dan karya ilmiah. Mereka dibebaskan dari bea kuliah hingga lulus asalkan prestasinya selalu bagus dengan IP minimal 3,2 per semester. ari

author