banner 468x60

Besok, 6.403 Siswa Jatim Ikuti UNPK

346 views
iklan

nasor_editPenakita | SURABAYA – Seperti halnya ujian paket C maupun paket B, ujian paket A juga akan digelar bersama dengan pelaksanaan ujian nasional (UN) jenjang SD. Sebanyak 6.403 siswa se-Jawa Timur akan mengikuti ujian nasional pendidikan kesetaraan (UNPK) tersebut. Sekitar 40 persen dari mereka adalah yang pernah mengikuti keaksaraan fungsional atau program buta huruf.

Kabid Pendidikan Informasl Non Formal (PNFI) Dinas Pendidikan (Dindik) Jawa Timur, Nasor menyatakan, mereka yang akan mengikuti paket A terdiri atas anak putus sekolah. Jadi, mereka pernah sekolah, tapi tidak tamat SD. ”Namun banyak juga yang belum pernah sekolah dan ingin mendapatkan ijazah, sehingga mengikuti paket A,” tutur Nasor kepada PENAKITA.com, Minggu (5/5/2013).

Mereka yang belum pernah sekolah itu kebanyakan adalah peyandang buta huruf yang sudah mengikuti program keaksaraan fungsional, yaitu program pemberantasan buta huruf. Pendidikan keaksaraan fungsional berlangsung selama enam bulan. Jadi, para peserta program keaksaraan fungsional sudah selesai menuntaskan pendidikan, dan sekarang mereka bersiap mengikuti ujian paket A.

Dengan ijazah paket A yang setara dengan SD, mereka bisa mendapatkan mendapatkan pekerjaan yang layak. Banyaknya mantan peserta keaksaraan fungsional yang ikut paket A membuktikan bahwa program pemberantasan buta huruf terbilang sukses.ika

author