• Home »
  • Headline »
  • Besok Universitas Airlangga Pilih Duta, Harus Punya IPK 3 dan Jalani Karantina 3 Hari

Besok Universitas Airlangga Pilih Duta, Harus Punya IPK 3 dan Jalani Karantina 3 Hari

Duta Unair harus bisa merepresentasikan diri sebagai wakil dari sebuah perguruan tinggi dengan karakter yang baik dan punya nilai akademik bagus.

Penakita | SURABAYA – Ajang pemilihan Duta Universitas Airlangga kembali digelar. Di kompetisi yang sudah berlangsung untuk ke-enam kalinya ini diikuti oleh 80 peserta dari berbagai fakultas.

Setelah menjalani masa karantina selama tiga hari, peserta yang lolos ke babak final akan dihadapkan pada lima orang juri, Rabu (21/11/2018). Di babak puncak ini peserta akan diuji kemampuannya setelah memperoleh beragam pembekalan seperti diantaranya di bidang kepribadian, public speaking, dan juga catwalk atau cara jalan.

“Kompetisi Duta Unair memang terbuka bagi mahasiswa di seluruh fakultas di Unair. Peserta yang masih berstatus mahasiswa S1 ini bisa mewakili fakultas atau atas nama sendiri,” kata Ichwan Firmansyah, Ketua Paguyuban Duta Unair.

Syarat utama yang wajib dipenuhi oleh mahasiswa ketika mendaftarkan diri adalah harus memiliki IPK minim 3. “Itu standar akademik yang tidak boleh dikesampingkan,” tegasnya.

Selama proses seleksi, peserta harus menjalani serangkaian tes di depan juri. “Yang dinilai adalah kepribadian dan karakter. Intinya dia harus punya excellent morality. Untuk itu dia akan menjalani tes bakat dan kepribadian,” paparnya.
selain itu, lanjut pria yang akrab disapa Firman ini, peserta juga menjalani tes tulis. “Tes itu diantaranya untuk mengetahui kadar penalarannya, pengetahuan umum, dan pemahamannya mengenai kampus Unair serta paguyuban,” tandasnya.

Di babak puncak seleksi, para finalis akan dihadapkan pada lima orang juri. Selanjutnya akan dipilih Juara 1, Runner Up, serta Juara Favorit, dan Juara Persahabatan. dit