banner 468x60

Biaya Try Out, Modus Baru Pungli UN

432 views
iklan
M Ikhsan, Kepala Dinas Pendidikan Surabaya

M Ikhsan, Kepala Dinas Pendidikan Surabaya

Penakita | SURABAYA – Praktik pungutan liar (Pungli) di sekolah-sekolah Surabaya rupanya masih banyak terjadi. Salah satunya terjadi di SMAN 4 Surabaya. Kali ini praktek pungli tersebut muncul dengan modus baru.

Pungli itu dilakukan lewat biaya try out Ujian Nasional (UN). Pihak sekolah dikabarkan melakukan pungutan kepada wali murid untuk biaya pengadaan try out UN di sekolah.

Tak tanggung-tanggung, jumlah total nominal hasil pungutan tersebut mencapai Rp 11 juta. Dikonfirmasi hal ini, Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya, Ikhsan membantahnya.

Ikhsan mengatakan bahwa pungutan tersebut adalah inisiatif para wali murid, bukan penarikan dari pihak sekolah. “Itu wali murid sendiri yang berinisiatif. Lagipula, kami telah menyediakan anggaran khusus bagi sekolah untuk melakukan simulasi try out. Jadi sekolah tidak perlu melakukan pungutan lagi,” tegas Ikhsan kepada penakita.com, Selasa, (26/2/2013).

Sayangnya, Ikhsan enggan menyebutkan jumlah anggaran simulasi tersebut. Lebih jauh Ikhsan melajutkan, Dispendik telah memfasilitasi siswa Surabaya untuk try out online melalui website Dispendik Surabaya secara gratis, dan bisa diakses dimana saja. Jadi, tidak ada lagi alasan menarik pungutan kepada siswa.

“Siswa memang perlu mempersiapkan diri dan terus berlatih melalui try out UN. Kami juga sudah sediakan soal try out online di website. Bisa juga dicetak atau diprint out secara offline. Jadi tidak perlu repot, dan bebas biaya tentunya,” pungkas Ikhsan. ika

author