banner 468x60

Bidik Misi Meningkat, 10 PTS Katut Menerima

374 views
iklan

bidikmisi1Penakita | SURABAYA – Tak hanya perguruan tinggi negeri (PTN), jatah Bidik Misi juga diberikan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) kepada perguruan tinggi swasta (PTS). Bahkan, beasiswa pendidikan bagi mahasiswa berprestasi dan kurang mampu ini konon meningkat jumlahnya pada tahun ini.

Kepala Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah VII, Soegijanto mengatakan, bila tahun lalu jatah bidik misi hanya untuk 67 mahasiswa di delapan PTS saja, tahun ini meningkat menjadi 116 mahasiswa di 10 PTS. Penambahan kuota dan jumlah ini, tutur Soegijanto, merupakan bentuk komitmen dari Dirjen Dikti Kemendikbud.

“Nantinya anggaran program Bidik Misi ini bukan hanya untuk si mahasiswa, sebagian juga diberikan kepada pengelola atau yayasan pemilik PTS yang prodi-nya menerima mahasiswa Bidik Misi tersebut, sebagai tambahan biaya operasional,” kata Soegijanto kepada PENAKITA.com, Minggu (14/4/2013).

Soegijanto menambahkan, satu di antara syarat prodi penerima mahasiswa Bidik Misi adalah terakreditasi A. Tak ayal, program ini menjadi prestise tersendiri bagi PTS penerimanya. “Aturan yang diberlakukan di wilayah VII ini lebih ketat dibanding beberapa daerah lain. Kalau di luar Jawa, bahkan ada prodi penerima Bidik Misi yang nilai akreditasinya B atau di bawahnya,” beber Soegijanto.

Berkaca pada tahun lalu, Bidik Misi ini kemungkinan akan diterima kembali oleh sejumlah PTS, seperti Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), UK Petra, Stesia, STIE Perbanas, UPN, dan Ubaya. Hanya saja, Soegijanto belum bisa menjelaskan berapa anggaran yang bakal diterima untuk Bidik Misi tahun ini.

“Nanti pada bulan Mei diadakan pertemuan untuk pembahasan anggaran. Bukan hanya soal anggaran Bidik Misi, termasuk anggaran yang lain,” pungkasnya. ika

author