banner 468x60

Bimbel Unas Dilaksanakan Hari Sabtu-Minggu

447 views
iklan

Penakita | SURABAYA – Sekolah-sekolah di Surabaya kini berlomba-lomba menyediakan waktu khusus bimbingan belajar ujian nasional (Bimbel Unas) gratis. Selain ada yang menambah jam pelajaran usai sekolah, ada yang menyediakan jadwal khusus di hari khusus pula.

Seperti yang dilakukan di SMPN 26 Surabaya. Setiap Sabtu dan Minggu, sekolah eks RSBI di pinggiran Surabaya ini mewajibkan siswa kelas IX ikut Bimbel. “Gratis. Apalagi yang perlu ditunggu. Kami sudah jalankan Bimbel ini sejak siswa mulai duduk di kelas IX,” kata Kepala SMPN 26 Titik Sudarti, Jumat (1/2/2013).

Sekolah pinggiran yang melejit hingga jadi RSBI ini menjadwal Bimbel Unas gratis di sekolahnya setiap dua jam di Sabtu dan Minggu. Siswa kelas IX dilatih intensif soal-soal dan pembahasan mulai pukul 07.00 – 09.00. Dan biar tak bosan kegiatan belajar diselingi pengayaan materi.

“Ini di luar try out online. Kami tetap memanfaatkan try out online gratis melalui website Dinas Pendidikan. Khusus Bimbel, kami juga memperkaya soal dan materi di luar try out,” ungkap Titik.

Sama dengan sekolah lain, Bimbel yang digelar di luar jam pelajaran tersebut juga memberikan honor bagi para guru. Namun setiap sekolah itu sudah memasukkan anggaran ke dalam Bopda. Dan jumlah Bopda yang diterima sekolah rata-rata Rp 100 juta. Selain untuk operasional sekolah, dana Bopda itu juga untuk honor GTT dan tambahan jam ajar seperti Bimbel.

Materi pelajaran untuk kelas VI, IX, dan XII berakhir tidak sampai akhir Februari. Setelahnya, mereka akan fokus untuk menatap Unas, baik dengan Bimbel gratis dan try out online. sry

author