banner 468x60

BOPDA Masih Ngadat Meski Sistem Administrasi Online

399 views
iklan

Penakita | SURABAYA – Dinas Pendidikan Surabaya selama ini mengklaim telah mulai dengan sistem administrasi berbasis online, termasuk profil sekolah yang memuat data siswa. Sayangnya, untuk urusan pencairan Bantuan Operasional Pendidikan Daerah (Bopda) yang bertalian langsung dengan siswa sampai saat ini belum cair.

Idealnya, Bopda ini dicairkan di awal setiap triwulan. “Seharusnya Januari sudah cair untuk triwulan pertama. Mudah-mudahan akhir Februari Bopda sudah bisa dicairkan,” kata Kepala Dinas Pendidikan Ikhsan, Kamis (7/2/2013).

Jika tak cair, dampaknya bagi sekolah adalah tekanan keuangan. Sebab, sekolah harus membiayai operasional mulai bayar listrik dan lainnya hingga memberi honor GTT dan PTT. Fenomena yang biasa muncul selama ini, sekolah mencari utangan lebih dulu.

“Kami percaya kepada sekolah untuk pengelolaan keuangan itu. Bopda ini relatif lebih baik ketimbang sebelumnya dicairkan di akhir triwulan. Kami akan berusaha keras agar Bopda bisa segera dicairkan karena untuk operasional sekolah,” tutur Ikhsan.

Disinggung mengenai keterlambatan tersebut, meski sudah berbasis online, menurut Ikhsan salah satu kendalanya adalah SPJ penggunaan Bopda sebelumnya yang memerlukan waktu.

author