banner 468x60

BOS 19 Daerah di Jatim Macet!

436 views
iklan
Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Dr Harun MSi

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Dr Harun MSi

Penakita | SURABAYA – Dana BOS (Biaya Operasional Sekolah) triwulan II yang rencananya sore tadi cair, rupanya masih bermasalah. Dikabarkan, BOS SD dan SMP 19 Kabupaten/ Kota di Jawa Timur macet. Kesembilanbelas Kabupaten/ Kota ini belum menerima dana BOS sejak triwulan I, dan secara otomatis pada triwulan II ini kemungkinan masih akan ‘nyandet’.

Jumlah dana BOS untuk 19 kabupaten/ kota ini tak sedikit, jumlahnya mencapai Rp 923,5 juta. Rinciannya, Rp 574,9 juta untuk jenjang SD, dengan jumlah penerimanya 3.965 siswa di 46 lembaga. Sedangkan untuk jenjang SMP sebesar Rp 348,6 juta, dengan jumlah penerimanya 1.964 siswa di 53 lembaga.

Tak sampai disitu, kendala lain terjadi. Konon, jumlah anggaran dana BOS triwulan II ini mengalami penurunan hingga Rp 2 miliar. Yakni dari Rp 663 miliar pada triwulan I, menjadi Rp 661 miliar pada triwulan II ini. Hal ini disebabkan, banyaknya lembaga sekolah yang justru ganda (dobel) menerima BOS.

Dikonfirmasi beberapa permasalahan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Jawa Timur, Dr Harun M Si, enggan untuk berkomentar. Namun, berdasarkan catatan edaran tertanggal 4 April 2013 Sekretaris Dindik Jawa Timur, Sucipto, terkait beberapa permasalahan BOS ini mengungkapkan beberapa solusi.

Antara lain, pertama, dilakukannya verifikasi data untuk persiapan pencairan BOS triwulan II, sehingga dapat diketahui jumlah lembaga sekolah yang belum menerima BOS akibat terlewatkan pendataan. Kedua, Dindik akan melakukan rekapitulasi dan membuat usulan kepada Kemendikbud pada tanggal 25 April 2013.

Ketiga, kemungkinan untuk pencairannya menunggu dana transfer dari pusat atas kekurangan tersebut pada triwulan III tahun 2013. Dan keempat, sekolah yang ganda (dobel) untuk penyaluran pada triwulan II tidak akan dilakukan transfer lagi kepada lembaga tersebut.ika

author