banner 468x60

BOS MI Akhirnya Cair Bulan Mei Ini

428 views
iklan

bantuan-operasional-sekolahPenakita | MALANG – Ini kabar gembira bagi madrasah di Kabupaten Malang. Setelah menunggu selama enam bulan, Dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) untuk madrasah bakal dicairkan pada Mei 2013.

Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Malang pada minggu lalu telah menyosialisasikan ke para kepala MI dan MTs terkait rencana pencarian dana BOS madrasah ini. Menurut Muhajir, Kasi Mapenda Kementerian Agama Kabupaten Malang sosialisasi tersebut sekaligus  informasi tentang adanya prosedur baru pembentukan organisasi manajerial BOS di tingkat madrasah.

Dalam organisasi itu, ditegaskan Muhajir, kepala madrasah menjadi panggungjawab yang kemudian menunjuk tim ketua/pelaksana. Selain itu ada bendahara pembantu pengeluaran seperti dari guru atau staf TU serta dari komite sekolah. Sosialisasi ini diharapkan membuat pelaksanaan BOS madrasah sesuai petunjuk teknis dan tidak terjadi kesalahan.

Ditekankan pula, bila tidak ada keterlambatan pencairan dana BOS madrasah, biasanya cair setiap tiga bulan sekali. Sehingga jika cair pada Mei ini, maka dana yang dikucurkan untuk selama enam bulan. Karena keterlambatan ini, hampir semua sekolah madrasah mengeluh.

Dana BOS bagi siswa MI ini besarnya Rp 580.000/siswa per tahun. Dana BOS madrasah berasal dari APBN sehingga seluruh Indonesia merasakan keterlambatan pencairan ini. sum

author