banner 468x60

BOS SD dan SMP Cair, BOS Madrasah Masih Dikaji

408 views
iklan
Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Dr Harun MSi

Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Dr Harun MSi

Penakita | SURABAYA – Biaya Operasional Sekolah (BOS) untuk SD dan SMP Jawa Timur triwulan II siap cair pada sore ini, Kamis (4/4/2013). Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Jawa Timur, Dr Harun M Si.

Harun menjelaskan dana transfer dari pusat ke kas umum daerah (KUD) propinsi pada sore hari tanggal 2 April 2013. Selanjutnya tanggal 3 April 2013 proses pembuatan SPP dan SPM untuk diajukan ke BPKAD propinsi, agar segera diterbitkan SP2D (Surat Perintah Pencairan Dana).

“Kemungkinan untuk penerimaan dana BOS triwulan II kepada semua lembaga mulai tanggal 4 April 2013 pada sore hari secara bertahap,” tutur Harun kepada PENAKITA.com ketika ditemui di kantornya, Kamis (4/4/2013).

Harun menambahkan, total dana BOS SD dan SMP pada triwulan II ini mencapai Rp 661 miliar. Rinciannya, BOS SD total sebesar Rp 445 miliar yang akan disalurkan kepada 3.071.813 siswa di 19.704 lembaga. Sementara untuk BOS SMP total sebesar Rp 216 miliar disalurkan kepada 1.218.966 siswa di 4.392 lembaga.

Sementara hal yang jauh berbeda dialami oleh ribuan lembaga madrasah di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Timur. Ribuan lembaga ini belum menerima dana BOS, sebab item dana BOS di bawah Kemenag masih diberi tanda bintang oleh pusat. Artinya, dana tersebut masih dalam pengkajian ulang.

Kakanwil Kemenag Jawa Timur, Sudjak bahkan mengaku, untuk menalangi dana BOS triwulan II ini, pihaknya harus berhutang. “Ya ini sebenarnya tidak adil. Sekolah yang di bawah Dindik cair, tapi sekolah yang di bawah naungan kami masih diberi tanda bintang. Kami malah sampai harus berhutang dulu untuk nalangi BOS itu,” tandas Sudjak.ika

author