banner 468x60

BSM untuk Siswa Jatim Cair Setelah Lebaran

439 views
iklan

harun33Penakita | SURABAYA – SURABAYA – Bantuan Siswa Miskin (BSM) bagi siswa kurang mampu di Jatim akhir cair. Bantuan yang diberikan sebagai kompensasi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) itu bakal disalurkan ke yang berhak mulai 26 Agustus mendatang.

Untuk memperoleh BSM, siswa harus mengambil sendiri dengan menunjukkan surat pemberitahuan penerima BSM dari kepala sekolah. Selain itu, juga dilengkapi bukti identitas lain seperti akte kelahiran, kartu keluarga, rapor dan ijazah.

Bantuan yang dicairkan ini berasal dari APBN 2013. Sementara pencairan tahap kedua yang berasal dari APBN Perubahan masih dalam tahap penggodokan di tingkat pusat.

Berdasarkan perjanjian kerjasama (MoU) antara kementerian pendidikan dan kebudayaan dengan direktur BPD seluruh Indonesia akhir minggu lalu proses pencairan APBNP akan melibatkan Bank Pembangunan Daerah. “Kalau untuk wilayah Jatim diwakili Bank Jatim,” ujar Dr Harun, Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim.

Jadi, menurut Harun, nanti dana langsung dicairkan ke rekening siswa sesuai nama dan alamatnya. “Siswa tinggal mengambilnya di bank. Semoga bantuan ini bisa membantu pembiayaan sekolah siswa kurang mampu,” imbuh mantan Kepala Dinas Pariwisata ini.

Jumlah siswa penerima BSM periode kedua dimungkinkan tidak sama dengan periode pertama karena ada pemutakhiran data. Di periode kedua ini Jatim mendapat kuota 90.825 siswa SMA, 127.009 siswa SMK, 980.036 siswa SD dan 322.215 siswa SMP.

Ditambahkan, besaran dana BSM berbeda-beda di tiap jenjang. Untuk siswa Sekolah Dasar (SD) mendapatkan Rp 225.000 per semester, SMP Rp 375.000 per semester, dan SMA/SMK Rp 500.000 per semester.  ari

author