banner 468x60

Buat Anak Tambah Pintar dengan Tidur

432 views
iklan

Penakita | SURABAYA – Seperti aktivitas fisik, kebutuhan istirahat sangat penting dalam perkembangan anak. Selain membuat emosi si buah hati stabil, cara ini juga dapat meningkatkan kecerdasan anak dengan kualitas belajar yang optimal.

Mulai sekarang, selain nutrisi, kebutuhan tidur yang cukup sebaiknya jadi prioritas Anda dalam proses perkembangan anak, terutama dalam hal proses belajar. Karena sebuah studi menemukan, istirahat yang cukup membuat anak lebih mudah fokus dalam segala hal, termasuk belajar.

Dikutip dari the Time,  jam tidur anak yang terlalu sedikit membuat anak lebih emosional dan impulsif. Reut Gruber, seorang psikolog di McGill University bersama tim dalam jurnal Pediatrics mengatakan, kurang atau berlebihnya jam tidur hanya satu jam masing-masing dapat berpengaruh pada kesehatan mental anak.

Dia menambahkan, dalam studinya, dibandingkan dengan anak yang memiliki jam tidur lebih, mereka yang kekurangan tidur satu jam memiliki skor lebih buruk. Dalam hal ini mereka memiliki tingkat emosional reaktif, atau sensitif. Dengan kata lain, anak dengan kondisi ini sering mengalami iritabilitas lebih, frustrasi dan memiliki lebih banyak masalah dalam hal Fokus belajar.

“Tak seorang pun menjadi jenius, dan tak seorang pun menjadi gila. Tetapi temuan menunjukkan bahwa perubahan kecil pada anak-anak dapat membuat perbedaan besar, ” jelasnya. adi

author