banner 468x60

“Buka Kunci Jawaban TPA!”

551 views
iklan

isa anshori11Penakita | SURABAYA – Tingginya bobot Tes Potensi Akademik (TPA) tak pelak memicu tuntutan dari masyarakat agar Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Surabaya membuka pembahasan kunci jawaban tes tersebut. Hal itu harus dilakukan guna menekan suara-suara negatif terkait TPA.

“Bobot yang besar ini harus bisa diukur untuk mengeliminir ketidakpercayaan masyarakat,” tandas Isa Anshori, Ketua Dewan Pendidikan Surabaya, Sabtu (22/6/2013).

Isa khawatir jika jawaban TPA tidak dibuka ke publik ada pihak-pihak tertentu yang memanfaatkan untuk kepentingan pribadi. Isa menepis anggapan bahwa TPA dengan bobot 60 persen dari kelulusan siswa masuk sekolah kawasan ini memiliki tingkat kerahasiaann tinggi sehingga tidak bisa dibuka ke publik.

“Kalau contohnya saja bisa dibuka bebas di website Dindik, kenapa sekarang tidak bisa (dibuka)? Bukankah buku-buku yang berisi pembahasan soal seperti itu juga banyak, jadi tidak ada yang rahasia. Dan masyarakat perlu tahu skornya berapa,” cetusnya.

Sebagaimana diberitakan, sebanyak 7.576 siswa bersaing memperebutkan 3.820 kursi di 11 SMP kawasan. Saat seleksi masuk SMP kawasan, Sabtu (22/6/2013) ribuan siswa menghadapi TPA yang menjadi syarat masuk SMP kawasan.

TPA ini berisi 185 soal, terdiri dari 65 tes verbal, serta masing-masing 60 soal tes numerikal dan figural. Soal-soal tersebut harus dikerjakan selama dua jam, mulai pukul 09.00 hingga 11.00 WIB. ari

author