banner 468x60

Cara Menyiapkan Anak dari Bullying

491 views
iklan

bullies_kidsPenakita | SURABAYA – Bullying atau kekerasan secara verbal atau fisik yang diterima anak di sekolah, sering jadi kendala tersendiri dalam proses belajar anak. Tanpa bekal cukup dari orangtua, hal ini tentu jadi masalah besar. Jadi Ada baiknya Anda menyiapkan anak untuk menghadapi situasi-situasi yang tak diinginkan.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan mental anak menghadapi kemungkinan Bullying yang mereka dapatkan di sekolah. Selain itu, sebagai orangtua, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal, diantaranya:

Menjadi pendengar yang baik. Untuk mengatasi masalah, ada baiknya Anda mengantisipasi tindakan bullying dengan mencermati setiap cerita anak. Setelah kira-kira menemukan hal yang berhubungan dengan tindakan bullying ada baiknya anak diajari beberapa cara terbaik untuk mengatasi masalah yang mereka hadapi.

Lawan dengan cara positif. Banyak cara yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah bullying, namun dengan strategi positif. Misalnya, ajari anak berkata tidak jika diperlakukan kasar oleh teman mereka. Hindari mengajari anak untuk bersikap manis kepada semua temannya. Jika terus menerus disakiti, ada baiknya anak belajar bersikap tegas.

Olahraga. Selain fisik, olahraga akan memberi dampak positif bagi anak. Terutama dalam hal berlajar sportif, kepercayaan diri dapat digunakan untuk menangkal tindakan bullying yang diterimanya di sekolah.

Ciptakan atmosfir demokratis di rumah. Cara ini akan membuat anak terbiasa menghargai hak dan kewajiban diri sendiri dan orang lain di sekitar mereka. ika ada hal yang tak sesuai, biasanya anak lebih siap menghadapinya. adi

author