banner 468x60

China Tawarkan Pendidikan Murah dan Bermutu

416 views
iklan

perguruan-tinggi-CinaPenakita | JAKARTA – Setelah menjalani ujian nasional (UN) dan lulus, mau kemana? Banyak pilihan bagi siswa yang berniat melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi.

Salah satu yang patut dipertimbangkan adalah tawaran studi di China. Belakangan Negeri Tirai Bambu ini tak hanya menyodorkan program kuliah di perguruan tinggi bermutu, namun juga biaya murah.

Tak cuma biaya kuliah dan biaya hidup yang relatif terjangkau. Beberapa perguruan tinggi negeri di sana juga menawarkan beasiswa plus kesempatan magang untuk membantu pelajar Indonesia.

“Jadi, selain dapat langsung kuliah di universitas pemerintah, calon mahasiswa dari Indonesia yang akan kuliah di China juga terbantu adanya beasiswa serta kesempatan magang,” demikian ujar Samuel Wiyono, Direktur Beijing Language & Culture Institute (BLCI) dalam rilisnya.

Selain itu, menurut Samuel, sejak beberapa tahun belakangan perguruan tinggi dari Amerika Serikat, Inggris, Australia dan lainnya telah membuka program pathway (artikulasi) maupun mendirikan kampus di China.

Berkembangnya kampus-kampus asing atau program pathway di China yang menggunakan pengantar perkuliahan bahasa Inggris, berpengaruh terhadap keberadaan perguruan-perguruan tinggi lokal di negara yang berpenduduk hampir dua miliar jiwa itu. Kini banyak universitas negeri di China yang menggunakan pengantar bahasa Inggris untuk seluruh mata pelajarannya, sekaligus memberikan pelajaran bahasa Mandarin dalam kurikulumnya.

“Ini menjadi keunggulan tersendiri, karena mahasiswa yang kuliah di China tapi belum menguasai bahasa Mandarin dapat langsung kuliah ke jenjang gelar tanpa harus belajar Mandarin dahulu. Diharapkan setelah lulus mereka mampu menguasai dua bahasa yaitu bahasa Mandarin dan bahasa Inggris,” kata Samuel sambil menambahkan, untuk lebih mendekatkan keberadaan perguruan tinggi di China ini pihaknya sedang mempersiapkan Pameran Pendidikan China (PPC) ke-16 di Jakarta, Medan, dan Surabaya.  dde

author